Tinjau 2 Lokasi Banjir di OKU, Agus Fatoni Beri Bantuan Kepada Warga Terdampak

saranginews.com, OKU TIMUR – Penjabat Gubernur (Pj) Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengunjungi dua wilayah terdampak banjir dengan menggunakan perahu karet.

Dua lokasi, Desa Karang Agung, Kecamatan Baturaja Barat dan Jalan Gotong Royong, Desa Kemalaraja, Kecamatan Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sabtu (25/5/2024).

BACA JUGA: Selamat, Letnan Gubernur Agus Fatoni dianugerahi Kartika Pamong Praja Madya oleh IPDN

Fatoni didampingi tim BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Anggota DPR OKU Teddy Meilwansyah dalam sidak tersebut.

Lokasi pertama yang disurvei adalah Desa Karang Agung, Baturaja Barat, Kecamatan OKU.

BACA JUGA: Agus Fatoni, pembicara Reform Corner, berbagi tips sukses

Fatoni diterima dengan baik oleh warga terdampak banjir dalam kunjungannya.

Tak berhenti sampai disitu, Fatoni mengunjungi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Trauma Center Provinsi Sumsel dan Puskesmas BPBD (UPTB TC&PK) yang ramai menangani anak-anak korban. bencana

BACA JUGA: Kembangkan Pertanian Sumsel, Agus Fatoni Lanjutkan Penggunaan Pupuk Indonesia

Ia menyemangati anak-anak yang terkena dampak bencana dan mengajak mereka menyanyikan lagu pujian untuk menyelamatkan nyawa mereka.

“Anak-anak Karang Agung luar biasa! Saya salut mereka kuat, kuat, kuat ya!” katanya dan mengikuti anak-anak dengan gembira. 

Fatoni kemudian melanjutkan peninjauan ke rumah warga yang terdampak banjir.

Beberapa terlihat terus membersihkan sisa lumpur dari kebun mereka.

Setelah meninggalkan Desa Karang Agung, Fatoni dan rombongan melanjutkan pengecekan kediamannya di Kawasan OKU, Kecamatan Baturaja Timur, Desa Kamalaraja, Jl Gotong Royong.

Di kawasan itu, Fatoni dan rombongan menggunakan perahu karet untuk meninjau rumah warga yang terdampak air.

Fatoni memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak, antara lain sembako, makanan bayi, beras, serta bahan pangan dan sandang lainnya.

“Bantuannya bermacam-macam, seperti beras 12,5 ton, perahu karet, makanan siap saji, obat-obatan, selimut, pakaian, dan perawatan medis. Termasuk wol untuk menyembuhkan trauma.” 

Sedangkan untuk perumahan warga terdampak, Fatoni kini sekaligus masuk dalam rencana Sumsel.

Menurutnya, dengan bantuan dana CSR, akan banyak rumah yang direnovasi agar bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami akan sangat mendukung bantuan CSR perbaikan rumah ini, khususnya bagi mereka yang terdampak bencana. Tadi saya sampaikan, kami akan memperbaiki 8.391 rumah di Sumsel sekaligus.” Kini dengan bantuan CSR, kami bisa merehabilitasi sekitar 15.000 tunawisma. rumah”. 

Tak hanya itu, Fatoni berjanji akan membantu permintaan Plt Wakil Bupati OKU terkait banyaknya jembatan yang rusak akibat banjir.

Fatoni mengatakan Pemprov Sumsel siap membantu pembangunan lima dari sebelas jembatan yang terdampak banjir di wilayah OKU. Pembangunan jembatan tersebut akan menggunakan dana APBD Provinsi yang bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah.

Ia menjelaskan, “Hal ini akan kami sampaikan kepada Kementerian PUPR dan pihak lainnya, jika ada dukungan yang bisa datang dari Kabupaten. Provinsi akan menyiapkan anggaran yang diperluas.” (jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… Agus Fatoni minta dukungan TNI jelang Pilkada 2024 sekaligus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *