Seleksi Calon Taruna Akademi TNI Mirip Tes CPNS

saranginews.com – Jakarta – Proses seleksi awal seleksi calon taruna Akademi TNI tahun 2024 disesuaikan berdasarkan standarisasi tes CPNS yakni menggunakan tes berbantuan komputer Organisasi Kepegawaian Negara (CAT BKN) .

Dengan demikian, untuk pertama kalinya, CAT BKN diserahi tanggung jawab penyelenggaraan Tes Kemahiran Dasar (TKD) penerimaan calon taruna Akademi TNI tahun anggaran 2024.

Baca juga: Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK Bulan Juni Tak Wajib, Piye Ke?

Membuka TKD pada 2 Mei 2024 di Markas BKN, Komandan Wasper TNI Brigjen TNI Agus Hadi Waluyo menjelaskan tujuan penggunaan CAT BKN dalam TKD calon Taruna TNI Akademi TNI.

Dikatakan, dengan menggunakan sistem CAT, calon taruna dapat diseleksi seobjektif mungkin guna melahirkan talenta-talenta berkualitas sehingga menjadi taruna yang memiliki kecerdasan tinggi.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK: Ternyata Detail Pelatihannya Belum Selesai, Ini Datanya

Brigjen Agus berharap dengan menggunakan CAT BKN, calon taruna dapat meningkatkan kemampuan dan potensinya agar lolos tes bakat dasar.

“Seleksi Akademi TNI merupakan seleksi awal calon taruna yang selaras dengan Standardisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS),” ujarnya.

Baca juga: Menteri Anas Umumkan Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024, Penting!

Brigjen Agus menyampaikan TKD Akademi TNI 2024 akan dilaksanakan pada 2-3 Mei 2024 di 26 titik lokasi, meliputi 24 titik lokasi BKN (BKN pusat, 13 kantor wilayah BKN dan 10 UPT BKN) serta 2 titik lokasi terpisah. di Biak. dan Merauke.

“BKN hanya memfasilitasi sistem CAT pada saat proses seleksi, penentuan nilai kelulusan standar kelulusan dilakukan oleh Mabes TNI,” kata Brigjen Agus seperti dikutip dalam keterangan humas TNI BKN.

Sementara itu, Deputi Bidang Peralihan Kepegawaian BKN Aris Windianto menjelaskan, infrastruktur CAT BKN dapat menciptakan sistem yang andal, akurat, dan transparan.

Total soal seleksi sekolah dinas Akademi TNI berjumlah 110 soal, meliputi 35 soal informasi umum, 30 soal informasi nasional, dan 45 soal ciri-ciri pribadi.

Prinsipnya, kata Aris, BKN sudah mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk seleksi taruna TNI 2024.

Nilainya tergantung pada kemampuan peserta serta kondisi mental dan fisiknya. Oleh karena itu diharapkan sebelum mengikuti tes, peserta dapat mempersiapkan kondisi mental dan fisiknya.

“Seleksi yang berlandaskan integritas dan transparansi akan menghasilkan calon aparatur sipil negara yang memiliki keandalan dan kompetensi tinggi,” kata Aris. (Sabtu/jpnn) Dengar! Video yang dipilih oleh editor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *