Pertamina Gaungkan Pelestarian Air dan Lingkungan di WWF 2024

saranginews.com, NUSA DUA – PT Pertamina (Persero) berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan dalam menjalankan bisnisnya.

Hal tersebut diamini oleh perusahaan melalui kegiatan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 yang digelar di Nusa Dua, Bali.

BACA SEMUA: Pertamina berterima kasih atas dukungan pemerintah untuk menyelesaikan pembayaran kompensasi bahan bakar 2023

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, pihaknya telah menunjukkan banyak upaya dan cara yang dilakukan Pertamina Group secara keseluruhan, terkait konservasi air, pelestarian alam, dan lingkungan hidup. 

Salah satu program konkritnya adalah memberikan akses masyarakat terhadap air bersih yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

BACA JUGA: WWF 2024: Ini Komitmen dan Langkah Nyata Pertamina dalam Pengelolaan Kinerja Air

“Pertama, program konkrit Pertamina adalah memberikan akses air bersih kepada masyarakat, puluhan ribu keluarga telah merasakan manfaat dari akses air bersih,” jelas Fadjar pada acara WWF di kantor pusat Pertamina (23/5). 

Menurut Fadjar, inisiatif ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) poin enam dengan memberikan akses air bersih bagi masyarakat. 

BACA Juga: Pertamina NRE tandatangani kerja sama pembangunan PLTS dan PLTB dengan Masdar

Kedua, lanjut Fadjar, selain komitmen penghematan air, upaya lain untuk memantapkan komitmen Pertamina adalah dengan memanfaatkan teknologi Pertamina Group untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air dan membersihkan sampah agar tidak ramah lingkungan.

Pertamina memiliki sistem pemantauan kualitas air limbah untuk memastikan pengelolaan air dengan kualitas lingkungan yang baik. 

Ketiga, memperluas jaringan dengan membuka peluang kerjasama bagi pemerintah, swasta dan pemangku kepentingan lainnya, bahkan dalam ajang ini WWF mempunyai peluang untuk memperluas kerjasama dari berbagai negara.

Di lingkungan Pertamina, Fadjar mengatakan respon yang sangat baik dari perwakilan berbagai negara, sudah ada ketertarikan dari berbagai negara terhadap produksi Pertamina dalam bidang pengelolaan air dan pelestarian alam. 

“Kami membuka peluang kolaborasi dengan pemangku kepentingan di berbagai negara mengenai teknologi serta inisiatif lain terkait konservasi air dan konservasi air,” kata Fadjar. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *