Menko Airlangga Mewakili Presiden Jokowi Mengikuti Nikkei Forum 2024

saranginews.com – TOKYO – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri pertemuan Nikkei Forum 2024 bertajuk ‘The Future of Asia 2024’ di Tokyo, Jepang.

Menko Airlangga hadir mewakili Presiden Joko Widodo pada Memorial Dinner yang dibuka dengan pernyataan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

BACA JUGA: Menko Airlangga Diakui Atas Dedikasinya pada Kemitraan Strategis Indonesia-Korea Selatan

Pertemuan ini, diadakan setiap tahun oleh Nikkei Inc. sejak tahun 1995, konferensi ini dianggap sebagai salah satu konferensi global terpenting di Asia.

Airlangga hadir untuk melanjutkan kunjungan kerjanya ke Republik Korea guna meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi Indonesia.

BACA JUGA: Menko Airlangga berharap Lotte Chemical bisa menjadi stimulus bagi hilirisasi industri petrokimia lokal.

Dalam forum ini, para pemimpin politik, ekonomi dan akademis dari kawasan Asia-Pasifik secara terbuka dan bebas menyampaikan pandangannya mengenai isu-isu regional dan peran Asia di dunia.

Menurut Menko Airlangga, dalam pertemuan tersebut PM Kishida meningkatkan komitmennya untuk mendorong program utama Asian Zero Emission Community (AZEC) kepada ERIA, sebuah think tank ternama di Asia yang juga berkantor di Jakarta.

BACA JUGA: Temui CEO LG CNS di Seoul, Menko Airlangga Dorong Investasi Pengembangan Teknologi

“AZEC yang di Indonesia merupakan kerja sama melalui Joint Committee antara METI Jepang dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, rencananya akan menyelenggarakan Pertemuan Tingkat Menteri di Jakarta pada Agustus tahun ini,” kata Airlangga, di Tokyo, Kamis (23/5). . . ) waktu lokal.

Selain komentar dari PM Kishida dan para pemimpin politik, acara tersebut juga mencakup serangkaian diskusi panel dengan para ahli dari berbagai bidang.

Topik yang dibahas antara lain kerjasama regional dalam membangun ekosistem digital, upaya Asia untuk mencapai zero carbon.

Lalu, peran Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan dalam keamanan regional di Asia Timur Laut, dan sebagainya.

Selain itu, Indonesia, Jepang, dan ASEAN akan merumuskan strategi satu dekade ke depan dalam Nikkei Forum yang juga merupakan forum opini bergengsi dunia.

Acara ini dihadiri oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin, Wakil Menteri Vietnam Le Minh Khai, Wakil Menteri Singapura Gan Kim Yong.

Kemudian, Wakil Perdana Menteri Kamboja Sun Chanthol, Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn, mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, dan beberapa Presiden/CEO perusahaan besar hadir bersama para profesor dari berbagai universitas ternama dunia lainnya. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA… Menko Airlangga Sebut Investasi Tak Ada Benderanya, Indonesia Buka Peluang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *