Kunjungi Dekranas Expo, Ibu Iriana Jokowi Beli Batik & Gelang di UMKM Binaan Pertamina

saranginews.com, SURAKARTA – Dukungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terlihat saat berkunjung ke pameran Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2024 di Pamedan Pura Mangkunegaran, Surakarta, Kamis (16/5). .

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wakil Presiden Wuri Maruf Amin bahkan sempat mampir ke booth mitra UMKM rancangan Pertamina dan membeli batik serta gelang.

BACA JUGA: Pertamina pastikan kesiapan penuhi kebutuhan Avtur untuk penerbangan haji tahun 2024

“Ibu Iriana membeli gelang di booth mitra Pertamina di toko UMKM Joglo Ayu dan membeli batik dari UMKM Griya Kain Solo,” kata Vice President Corporate Communications Pertamina Fajar Joko Santos.

Fajar mengatakan, Ibu Negara dan Ibu Wuri Maruf Amin bersama Ibu Lisa Eric Tohir juga berkesempatan mencoba kopi dari Canaya Geothermal Coffee, UMKM binaan Pertamina Geothermal Energy.

BACA JUGA: Pertamina gandeng KNOC dan ExxonMobil kembangkan CCS lintas batas antara Indonesia dan Korea Selatan

“Kopi ini berasal dari Kamojang, Jawa Barat, yang mana energi panas bumi digunakan dalam proses produksi dan pengeringannya, yang pertama di dunia,” jelas Fajar.

Esti, pemilik Griya Kain Solo, UMKM binaan Pertamina asal Solo yang memproduksi batik tenun tangan, mengaku senang bisa diundang Pertamina untuk mengikuti pameran tersebut.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga jamin keamanan pasokan energi di Bali jelang WWF 2024

“Saya senang sekali ketika mendengar adanya pameran tersebut karena pasti dapat meningkatkan penjualan kami, terus menambah pelanggan dan mempromosikan produk kami,” kata Esty.

Pertamina selalu berkomitmen untuk terus membantu UMKM bangkit di kelas.

Pertamina memiliki beberapa program bagi UKM yang didukungnya, khususnya UKM artisanal, yaitu program pengembangan yang meliputi pelatihan, keikutsertaan dalam pameran di dalam dan luar negeri, pemberian akses sertifikasi, penawaran alat teknologi yang relevan, publikasi dan promosi. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *