Kemenpora Gelar Lokakarya Pembinaan Olahraga Prestasi dan Rakernas BAPOPSI 2024

saranginews.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar Workshop Pusat Pembinaan Prestasi Olahraga dan Rapat Kerja Nasional Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Seluruh Indonesia (BAPOPSI) 2024.

Acara ini terselenggara dengan dihadiri 85 peserta bidang olahraga dari 38 provinsi Indonesia dan beberapa pengurus BAPOPSI pusat.

Baca juga: Penonton Kemenpora berdiskusi dengan Pj Gubernur Jateng soal persiapan Asian School Badminton Championship ke-8 di Semarang.

Rakernas BAPOPSI digelar Senin (13/5/2024) hingga Kamis (16/5/2024) di Hotel Patra, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden Bidang Pembinaan Olahraga, Sorono menegaskan, acara tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap visi dan misi Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Kemenpora dukung Sumedang Open 2024 untuk membina bakat atlet bulutangkis junior.

Inilah peran Kemendikbud dalam pengembangan sumber daya manusia, khususnya peningkatan mutu pendidikan dan pengelolaan bakat. 

“Semuanya mengarah pada pengembangan kebudayaan dan peningkatan prestasi olahraga, dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas anak, perempuan, dan pemuda, serta meningkatkan produktivitas dan daya saing di tingkat global,” tulis Sorono dalam keterangannya.

Baca juga: Kemenpora dan Bapanas dorong pemuda berjejaring untuk kebijakan sumber daya manusia berkelanjutan

Lebih lanjut Sorono menjelaskan, tujuan pertemuan ini adalah untuk mensinergikan dan menyelaraskan program pusat dalam hal ini Kementerian Olahraga dan Pemuda dengan daerah atau provinsi. 

Program-program pusat pengembangan olahraga ini diharapkan dapat terlaksana di masa yang akan datang. 

Semua upaya tersebut bermuara pada tujuan mengembangkan olahraga Indonesia di tingkat global. 

Sorono menambahkan, acara ini juga sebagai bentuk sosialisasi rencana kegiatan Deputi Pusat Pembinaan Prestasi Olahraga dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga lainnya.

Sementara itu, Aziz Arianto, Asisten Wakil Ketua Pusat Pembinaan Olahraga Prestasi, mengatakan pertemuan tersebut juga digunakan untuk menyampaikan hasil evaluasi dan pemantauan PPLP.

Program ini merupakan evaluasi pelaksanaan POPNAS 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.

Pertemuan ini merupakan kesempatan untuk berdiskusi dan mengkoordinasikan perlombaan-perlombaan tersebut dengan kejuaraan antar pelajar se-tanah air dan kejuaraan antar PPLP pada tahun 2024. 

Pembahasan ini akan berlanjut pada Rapat Kerja Nasional BAPOPSI tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *