Hasil Rakernas V PDIP, Megawati Diminta Tetap jadi Ketua Umum 2025-2030

saranginews.com – JAKARTA – Rapat Kerja Nasional ke-5 Partai Demokrat Indonesia yang diperebutkan meminta agar Megawati Sukarnoputri siap menjadi Ketua Umum PDIP periode 2025-2030.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat membacakan posisi kebijakan hasil rekomendasi eksternal Rapat Kerja Nasional V PDIP di Stadion Internasional Beach City Ancol, Jakarta, Minggu (26/5).

BACA JUGA: Megawati diberi wewenang untuk menentukan arah kebijakan PDIP untuk pemerintahan masa depan

“Setelah mendengarkan pandangan umum DPD PDI Perjuangan se-Indonesia, Rakernas Partai V meminta kesediaan Prof. Megawati Sukarnoputr akan diangkat dan diangkat kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2025-2030 pada Kongres ke-6 tahun 2025, kata Puan.

Sebelumnya, Megawati saat menyampaikan orasi politik pada pembukaan Rakernas ke-5 PDIP, Jumat (24/5), melontarkan sindiran apa yang mendorong Puan berganti pekerjaan. Megawati ingin Puan menjadi Ketum PDIP. Sementara itu, ia menggantikan Puan sebagai Ketua DPR RI.

BACA JUGA: Geopolitik Jadi Salah Satu Poin Rekomendasi Rakernas V, PDIP Minta Pemerintah Aktif Bangun Perdamaian

Jadi pas dia pamit, kemarin ke Bali, terus pas ke Meksiko. Lalu saya bilang, “Duduklah di kursi saya. Saya jadi ketua DPR, kamu jadi ketua umum. Hehehe, kata Megawati sambil tertawa. Bagus, saya disuruh nongkrong di sini. Terus situasinya tidak jelas. Itu saja, lanjut Megawati.

Sementara itu, Puan menanggapi ketus cuitan tersebut.

BACA JUGA: Panitia Rakernas V PDIP yang Bertanggung Jawab atas Berhentinya Ponsel Jurnalis

Puan tak menjawab saat ditanya apakah candaan itu pertanda dirinya akan menggantikan Megawati sebagai Ketum PDIP.

Doa saja, Tuhan senang, singkat Puan saat ditemui di Rakernas V PDIP hari kedua, Sabtu (25/5).

Di sisi lain, Ketua DPP PDIP Syed Abdullah mengatakan, di internal PDIP, pernyataan Megawati yang ingin menukar jabatan Ketum dengan Puan Maharani dianggap sebagai lelucon belaka.

“Iya, kalau candaan seperti itu dianggap pertanda, bagi kami secara internal itu bukan pertanda. Ketua Umum (Megawati) suka bercanda,” kata Saeed saat ditemui Rakernas, Sabtu (25/5).

Rakernas PDIP ke-5 mengangkat tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Akan Menang dengan subtema Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kemenangan Kebenaran. Rakernas digelar di kawasan Ankol, Jakarta, Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5). (antara/jpnn) Jangan lewatkan video pilihan editor ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *