Gelar Kirab Pancasila 2024, BPIP Membentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 300 Meter

saranginews.com, JAKARTA – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Karnaval Pancasila 2024 di Bundaran Hotel Indonesia Jalan Gendarel Suderman, Jakarta pada Minggu (26/5).

Karnaval Pancasila yang mengarah ke Puncak Peringatan HUT Pancasila pada 1 Juni 2024 ini berbeda dengan tahun lalu, artinya bendera merah putih akan dikibarkan sekitar 300 meter di sepanjang Jalan Jendaral Sudirman hingga Bundaran HI.

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Blok Rokan

Kepala BPIP Profesor K.H. Yudian Wahyudi mengungkapkan Karnaval Pancasila yang diikuti sekitar 3 ribu peserta ini juga menampilkan berbagai penampilan seni dan budaya, Drum Band Gita Abdi Praja IPDN dan berbagai pakaian adat Indonesia menghiasi acara Karnaval Pancasila.

“Ini merupakan upaya kami untuk menumbuhkan nasionalisme, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia,” kata Yudyan.

Baca Juga: Di Hari Lahir Pancasila, OMG Resmikan Posko Juara Nasional Gunjar Pranu

Udyan juga mengatakan Karnaval Pancasila yang didukung Pemprov DKI Jakarta ini juga sengaja diadakan pada hari libur atau car free day, sehingga diharapkan masyarakat ikut memeriahkannya.

“Ini juga sebagai pengingat kepada masyarakat bahwa kita mempunyai Pancasila yang terbukti mampu memerdekakan kita dari penjajahan dan mempersatukan bangsa,” kata Udayan.

Baca Juga: Pembagian Buku di UIN, BPIP: Nilai-Nilai Universal Pancasila Bagi Generasi Muda

Sementara itu, Wakil Ketua BPIP Dr. Rima Agrastina mengatakan, selain Karnaval Pancasila, ada beberapa acara lain yang digelar dalam waktu bersamaan, seperti penyelenggaraan makanan Indonesia, pemeriksaan kesehatan gratis, dan donor darah di Gedung Serena Jakarta.

Menurutnya, gerakan ini merupakan representasi gerakan Pancasila yang patut dijaga baik dalam kesatuan maupun gotong royong.

“Banyak sekali ciri-ciri daerah yang menjadi milik Indonesia dan perlu kita jaga,” kata Rima.

Diakui Rima juga, prestasi memasak tersebut untuk membangkitkan kembali Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia agar tidak ketinggalan pangan modern.

“Ini juga untuk memajukan UMKM kita, meski di jantung kota ini, tapi masakan tradisional tidak boleh dilupakan,” kata Reema.

BPIP juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2024 dengan mengusung tema “Pancasila Semangat Pemersatu Bangsa, Sisi Emas Indonesia 2045”.

Rima pun mengajak masyarakat Indonesia untuk menyaksikan peringatan hari lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 di siaran televisi, kanal YouTube BPIP, dan di daerah masing-masing.

Kegiatan ini diapresiasi warga Jakarta. Salah satunya Ardiansha yang menjadi tamu di booth UMKM.

Ia menyambut baik acara yang diselenggarakan BPIP.

Jadi setelah lari langsung pulang. Hari ini kita bisa sarapan dan juga memantau kesehatan kita,” kata Ardianshah.

Ardiansha dan keluarga juga bisa mencicipi berbagai makanan atau olahan dari berbagai daerah di Indonesia.

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tinaya, pimpinan menengah dan inti di lingkungan BPIP serta Furkopimda Provinsi DKI Jakarta (jum/jpnn) hadir dalam kesempatan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *