Dukung Pengelolaan Sumber Daya Alam, Pertamina Aktif dalam WWF 2024

saranginews.com, BALI – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Hulu Pertamina berpartisipasi aktif dalam World Water Forum (WWF) 2024 yang digelar di Bali 2024. 18-25 Mei

Sekretaris Perusahaan PHE Arya Dui Paramita mengatakan, kontribusi PHE dalam mendukung kegiatan tersebut diwujudkan langsung melalui penyelenggaraan berbagai program yang berkaitan dengan isu-isu terkait.

BACA JUGA: WWF 2024: Pertamina NRE bidik pertumbuhan bisnis rendah emisi, ini prioritasnya

“PHE sangat mendukung dan sangat antusias dengan forum internasional ini,” kata Arya.

Dari sisi eksplorasi dan produksi, PHE sedang mengembangkan program termasuk melaksanakan dekomisioning dengan pendekatan platform-reef.

BACA JUGA: Pertamina sukses pengoperasian blok migas raksasa, simbol kebangkitan energi nasional

Pertamina memiliki program pengelolaan air terproduksi yang diinjeksikan kembali ke dalam reservoir melalui proses yang memenuhi standar.

Dalam hal tanggung jawab sosial dan lingkungan (SRE), PHE berkontribusi melalui teknologi lahan basah yang dirancang sebagai solusi berbasis alam untuk mengurangi dampak lingkungan, meningkatkan keanekaragaman hayati, dan menyerap karbon.

BACA JUGA: Pertamina International Shipping perkuat posisi Indonesia di kancah industri maritim global

Pertamina ikut serta dalam perencanaan bantaran sungai dalam rangka mengurangi beban pencemaran sampah kota dan menjadikan kawasan pengembangan menjadi pusat pendidikan dan konservasi lingkungan hidup, serta melaksanakan program ecoparation.

Ecoriparian adalah pemanfaatan sungai yang semula digunakan sebagai tempat pembuangan sampah secara proporsional dengan membangun fasilitas pengendalian pencemaran berdasarkan sumber pencemar yang ada.

PHE telah bermitra dengan perguruan tinggi antara lain Universitas Muhammadiyah Kampus Riau (UMRI), Pekanbaru Riau dan Universitas Lankang Kuning (UNILAK) Pekanbaru Riau.

“PHE telah diakui oleh para pemangku kepentingan di Indonesia atas kontribusinya terhadap agenda keberlanjutan. Antara lain, PHE mampu menerima 202 penghargaan Community Participation and Development (CID) dengan 596 implementasi program CID, 634 desa resmi sebagai penerima manfaat program CID, pengurangan CO2 eq per tahun sebesar 872.496 ton, dan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. yaitu 12 Proper Emas dan 19 Proper Hijau,” tambah Arya.

Setelah berhasil memperoleh penilaian Environmental, Social Governance (ESG), PHE pun mendapat skor 21,5 atau risiko menengah melalui proses penilaian lembaga pemeringkat internasional Sustainalytics.

Pada tahun 2023 PHE akan melaksanakan 14 program terkait akses air bersih bagi masyarakat di tempat kerja, mulai dari penyediaan sumur hingga pembangunan jaringan pipa bagi masyarakat, termasuk masyarakat terpencil dan masyarakat adat, serta memanfaatkan energi baru dan terbarukan untuk mendidik tentang energi bersih dan pengurangan emisi.

PHE juga memiliki 34 program untuk mengurangi ekstraksi air bersih dan konsumsi air di lingkungan kerja dan produksi dan termasuk dalam program ESG perusahaan.

Program-program yang dijalankan PHE juga mendukung Sustainable Development Goals (SDG) Goal 3, Hidup Sehat dan Sejahtera.

Sasaran 6 “Air bersih dan sanitasi yang memadai”, Sasaran 7 “Energi bersih dan terjangkau” dan Sasaran 13 “Memerangi perubahan iklim”. Oleh karena itu, kami berharap acara internasional ini dapat mendorong PHE dan pemangku kepentingan lainnya untuk bekerja sama mencari solusi permasalahan air dunia.

Sesuai dengan ketentuan pemerintah, PHE melalui anak perusahaannya juga telah melakukan Restorasi Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan menanam berbagai jenis tanaman hutan di lahan seluas sekitar 990 hektar yang diserahkan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang tersebar di provinsi tersebut. Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur 2020-2023

Kegiatan restorasi DAS ini merupakan wujud pemenuhan izin menempati kawasan hutan milik perusahaan, dan hingga saat ini PHE telah melakukan penanaman.

Selain itu, kami berharap WWF 2024 menjadi momentum untuk memastikan seluruh dunia bekerja sama menjaga kelestarian sumber daya air bagi kehidupan manusia.

Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero) Fajar Joko Santoso menambahkan, Pertamina Group mendukung target pemerintah tahun 2060. atau lebih cepat untuk mencapai tujuan nol emisi.

Berbagai program tersebut dilaksanakan di seluruh lini bisnis, termasuk pemeliharaan yang berperan penting dalam menjaga kedaulatan energi.

“Inisiatif transisi energi dan pengurangan karbon terus dilakukan di seluruh lini bisnis untuk menjaga keberlanjutan energi di masa depan,” jelas Fajar.

PHE akan terus berinvestasi dalam pengelolaan operasi migas dan pengelolaan bisnis pemasok sejalan dengan prinsip-prinsip ESG. Mulai tahun 2022 Juni PHE terdaftar di United Nations Global Compact (UNGC) sebagai anggota.

PHE berkomitmen untuk mengikuti sepuluh prinsip universal UNGC dalam strategi dan operasionalnya sebagai bagian dari penerapan aspek ESG.

Dari sisi tata kelola, PHE selalu berkomitmen untuk tidak memberikan toleransi terhadap suap, pencegahan penipuan dan memastikan perusahaan bebas dari suap.

Salah satunya adalah penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) yang terstandarisasi ISO 37001:2016.

PHE terus mengembangkan manajemen operasional yang sehat dan unggul secara profesional di dalam dan luar negeri untuk menjadi perusahaan minyak dan gas kelas dunia yang ramah lingkungan, bertanggung jawab sosial, dan dikelola dengan baik.

WWF merupakan forum internasional di bidang perairan yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan global. Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Air Dunia (WWC).

Dengan kata lain, WWF merupakan pertemuan internasional terbesar yang membahas permasalahan air di seluruh dunia. Khususnya diskusi dan perumusan kebijakan pengelolaan air dan sanitasi global.

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah forum air internasional terbesar di dunia merupakan awal yang sangat menggembirakan. Hal ini didasari oleh potensi Indonesia untuk menjadi teladan bagi negara lain. Selain itu, WWF 2024 akan fokus pada konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam. (jpnn)

BACA ARTIKEL SELANJUTNYA… PENTA RUNNING, Pertamina mengajak seluruh pekerja untuk lebih sehat dengan berlari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *