Cara Gampang Menganalisis Catatan Keuangan di BRImo, Begini

saranginews.com, Jakarta – Arus kas adalah gambaran pergerakan uang di dompet Anda dalam jangka waktu tertentu.

Keuangan dan rencana yang stabil adalah impian banyak orang. Salah satu kunci untuk mencapai hal ini adalah memastikan arus kas bulanan yang sehat.

Baca juga: Menabung emas di BRImo lebih mudah dan menguntungkan

Memiliki arus kas yang sehat berarti Anda memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, menabung untuk masa depan, dan berinvestasi untuk tujuan jangka panjang.

Di sisi lain, arus kas yang tidak sehat dapat membuat kita kewalahan dan sulit mencapai tujuan keuangan.

Baca juga: Tips Agar Ibu Tetap Sehat Mental Bayar tagihan dengan mudah menggunakan BRImo

Bagaimana memahami kesehatan arus kas bulanan Anda

Arus kas yang sehat adalah kunci kehidupan dan perencanaan keuangan yang stabil. Oleh karena itu, penting bagi Anda meluangkan waktu untuk memahami dan mengelolanya secara menyeluruh. Ada banyak cara untuk mempelajari kesehatan arus kas bulanan Anda.

Apa? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Catat pemasukan dan pengeluaran

Catat semua pendapatan, baik itu dari gaji, pendapatan sampingan, atau investasi.

Catat juga semua pengeluaran, termasuk pengeluaran sehari-hari seperti tagihan bulanan, makanan dan transportasi, serta pengeluaran luar biasa seperti pakaian dan hiburan. Catatan ini berfungsi sebagai gambaran jelas kondisi keuangan.

2. Hitung selisih antara pemasukan dan pengeluaran

Setelah memperhitungkan semua pendapatan dan pengeluaran, hitung selisihnya. Perbedaan ini menunjukkan apakah Anda mempunyai surplus (pendapatan lebih besar dari pengeluaran) atau defisit (pengeluaran lebih besar dari pendapatan).

3. Klasifikasi biaya

Selain memperhitungkan jumlah pengeluaran, urutkan juga pengeluaran berdasarkan kategori. Hal ini akan membantu Anda menentukan area mana yang harus dipertahankan jika terjadi kekurangan pada waktu tertentu.

4. Penilaian rutin

Evaluasi arus kas bulanan Anda secara rutin, setidaknya setiap bulan. Ini akan membantu memantau kemajuan dan membuat penyesuaian yang diperlukan. Jadi, jika arus kas masih terbatas dalam beberapa bulan ke depan, cobalah evaluasi gaya hidup Anda dan ubah sesuai kemampuan Anda.

Pengelolaan keuangan bulanan lebih praktis dengan BRImo karena lebih dari sekedar mobile banking. Dalam program ini, Anda dapat melakukan berbagai transaksi dan mengelola keuangan dengan lebih mudah dan nyaman.

BRImo menyediakan laporan elektronik dan catatan keuangan sebagai panduan untuk memahami kesehatan arus kas bulanan Anda.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengecek perubahan (e-Statement): Buka BRImo dan pilih “Mutasi”, klik e-Statement dan buat e-Statement, pilih laporan, interval dan jenis file yang diinginkan. E-Statement berhasil dibuat, Anda dapat mendownloadnya atau mengirimkannya ke messenger lain.

Ada dua fungsi akuntansi keuangan yang bisa Anda gunakan di BRImo, yaitu mulai mencatat dan meninjau ketentuan keuangan.

Berikut langkah-langkahnya:

Buat Catatan Masuk ke BRImo di ponsel cerdas Anda. Pilih “Catatan Keuangan” dan klik “Lihat Detail” untuk melihat mutasi. Anda juga dapat menambahkan catatan secara manual dengan mengklik “Buat catatan baru Periksa kondisi keuangan Login ke BRImo”. Ponsel cerdas Anda adalah milik Anda. Pilih “Catatan Keuangan” dan klik “Lihat Detail” Periksa status keuangan Anda dengan mengklik “Periksa Sekarang”. Masukkan nilai aset. Masukkan jumlah hutangnya. Masukkan penghasilan bulanan Anda. Masukkan pengeluaran bulanan. Dari data tersebut akan ditampilkan kondisi keuangan, BRImo akan memberikan Anda rincian saldo keuangan dan petunjuk dana darurat yang harus Anda miliki.

Tunggu apa lagi, download BRImo sekarang di Google Play Store, App Store dan Huawei AppGallery untuk merasakan kenyamanan perbankan di ujung jari Anda! Dengan BRImo, pengelolaan keuangan bulanan menjadi lebih mudah dan praktis berkat #BRImoMudahSerbaBisa.

Jadi jangan sampai ketinggalan informasi seputar BRI, follow Instagram @bankbri_id (Jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *