Setelah dari Korea, Menko Airlangga Wakili Jokowi Hadiri Nikkei Forum 2024 di Tokyo

saranginews.com, TOKYO – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berangkat ke Jepang mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Nikkei Forum 2024 di Tokyo.

Dalam pertemuan dengan topik “Masa Depan Asia 2024” Para pemimpin politik, ekonomi dan pendidikan di kawasan Asia-Pasifik akan secara terbuka dan bebas mengungkapkan pandangan mereka mengenai isu-isu regional dan peran Asia di dunia selama konferensi berlangsung.

Baca selengkapnya: Menko Airlangga memuji dedikasinya terhadap kerja sama strategis antara Indonesia dan Korea Selatan

Mengawali kegiatan Nikkei Forum 2024, para pemimpin dunia Menko Airlangga turut hadir dalam jamuan makan malam peringatan tersebut. Acara dibuka dengan pidato Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Turut hadir Perdana Menteri Anwar Ibrahim dari Malaysia, Perdana Menteri Thailand Settha Thavisin, Wakil Perdana Menteri Vietnam Le Minh Kai, Wakil Perdana Menteri Singapura Gan Kim Yong, Wakil Perdana Menteri Kamboja Sun Chantol, Gao Kim Hoorn, Sekretaris Jenderal ASEAN dan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga hadir.

BACA JUGA: Menko Airlangga Harap Lotte Chemical Jadi Pendongkrak Industri Hilir Petrokimia Lokal

Ada juga presiden atau CEO dari banyak perusahaan besar. bersama dengan para profesor dari banyak universitas ternama dunia

Diselenggarakan setiap tahun oleh Nikkei Inc. sejak tahun 1995, konferensi internasional ini merupakan salah satu konferensi global terpenting di Asia.

Baca selengkapnya: Airlangga bertemu CEO Hyundai untuk membahas jaringan hidrogen dan kapasitas pemasok lokal

Selain pidato dari para pemimpin politik, acara tersebut juga akan diisi dengan serangkaian diskusi meja bundar dengan para ahli dari berbagai bidang.

Topik yang akan dibahas antara lain kerjasama regional untuk membangun ekosistem digital; Upaya Asia untuk Mencapai Nol Karbon Peran Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan dalam Keamanan Regional di Asia Timur Laut dan sekitarnya.

Jepang dan ASEAN akan menguraikan strategi untuk dekade berikutnya di forum Nikkei, sebuah forum opini global bergengsi.

Sebelum Perjalanan Jepang Menko Air Lanka mengunjungi Republik Korea dalam misi memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama ekonomi kedua negara pada tanggal 20 hingga 22 Mei 2024.

Dalam kunjungan tersebut, Menko Airlangga melakukan pertemuan dengan beberapa perusahaan ROK bidang investasi di Indonesia, bersama dengan CEO LG CNS, mengenai layanan konsultasi pengelolaan data center dan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Kemudian ada pertemuan dengan CEO Hyundai Motor Group terkait pengembangan proyek hidrogen. dan menindaklanjuti dengan presiden Lotte Chemical mengenai pengembangan industri hilir petrokimia lokal.

Menko Airlangga juga mendapat gelar doktor kehormatan dari Gyeongsang National University (GNU).

Gelar Doktor Kehormatan Causa ini merupakan bentuk pengakuan atas kemampuan pribadi dan profesional Menko Airlangga dalam meningkatkan kemitraan strategis kedua negara hingga saat ini.

Menko Airlangga juga berkesempatan melakukan pertemuan bilateral dengan Ahn Duk Geun, Menteri Perdagangan, Industri, dan Energi Korea Selatan (MOTIE), untuk membahas kerja sama di bidang industri, perdagangan, dan bidang transisi energi (mrk/jpnn) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *