Setelah dari Amerika Serikat, Menteri AHY Langsung ke Bali Hadiri World Water Forum

saranginews.com, JAKARTA – Menteri Pertanian dan Tata Ruang/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono menghadiri World Water Forum (WWF) di Bali pada Minggu (19/5).

AHY langsung berangkat ke Bali setelah tiba dari Amerika untuk mengikuti tender Bank Dunia.

BACA JUGA: WWF ke-10 di Bali, Putu Rudana bahas masalah tersebut dengan Ketua Dewan Air Dunia

Acara WWF sendiri merupakan forum internasional terbesar untuk pembahasan dan perumusan kebijakan pengelolaan air dan sanitasi global, serta merupakan forum internasional terbaru yang dihadiri oleh Presiden Jokowi.

AHY mengatakan acara ini sangat penting karena berkaitan dengan keamanan sumber daya air yang tidak hanya menjadi isu lokal tapi global. 

BACA JUGA: Polda Bali mengerahkan dua kapal dan tiga helikopter untuk menjamin keamanan KTT WWF

“Kita tahu banyak belahan dunia juga mengalami kelangkaan air, kelangkaan air. Populasi manusia terus bertambah, kebutuhan industri dan manufaktur meningkat, sementara persediaan air semakin terbatas,” kata AHY dalam keterangannya, Minggu. . 19/5).

Menurut AHY, forum ini juga berlaku atas kebijakan Kementerian ATR/BPN.

BACA JUGA: WWF ke-10 di Bali, 7 KRI disiagakan untuk melindungi perairan di 4 sektor

“Jadi yang ingin terus kita berikan adalah solusi bersama. Satu atau dua lembaga tentu tidak bisa menyelesaikan masalah ini dan harus ada sinergi dan kerja sama yang baik,” ujarnya.

Menteri AHY sendiri mendarat di Indonesia pada Sabtu (18/5) tengah malam. Dia datang dari perjalanan jauh ke Amerika atas undangan Bank Dunia.

Di sana, Menteri ATR/Pimpinan BPN menghadiri World Bank Country Conference 2024 di Washington. 

Sejak terakhir kali digelar pada tahun 2019 lalu, acara tersebut kembali digelar setelah vakum selama lima tahun. (mcr8/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *