Peringatan Waisak Bisa Menjadi Inspirasi Keberagaman yang Saling Menguatkan

saranginews.com, JAKARTA-PDI Perjuangan mengucapkan selamat hari Trisuci Waisak 2024. Kami berharap dapat merayakan acara tahun ini dengan gembira dan menyebarkan pesan perdamaian.

“Dengan merayakan Trisuci Waisak, PDI Perjuangan meyakini spiritualitas membangun kesadaran, berupaya menyelaraskan alam semesta, dan bertekad menebar kesejahteraan melalui dharma untuk semakin membawa kebahagiaan bagi seluruh masyarakat,” kata Sekjen PDIP Hasto. kata Kristiyanto dalam keterangannya, Kamis (23/5).

Baca juga: Pj Gubernur Jateng Siap Kawal Perayaan Waisak 2024, Sambut Kedatangan Bhikkhu Sutra

(3) peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Gautama: kelahiran, ‘Hari Waisak’ dirayakan untuk menghormati pencerahan sempurna dan parinirwana. hari bulan purnama Pada bulan purnama Vaishali, tiga peristiwa sakral terjadi.

“Hari purnama Trisuci Waisak ini penuh dengan ritual meditasi yang akan menguatkan semangat bangsa. Nusantara merupakan negara yang sangat kaya akan tradisi adat, untuk mengungkapkan kehendak Sang Pencipta dalam kehidupan anak-anak. bangsa, dan mengedepankan semangat Bhinneka Tunggal Ika untuk menciptakan keberagaman. Mereka saling menguatkan,” jelas Hasto.

Baca: Jelang Festival Buddha: 40 Biksu Jalan Kaki dari TMII ke Candi Borobuddha

Politisi asal Yogyakarta ini mengatakan, ada banyak ide di balik perayaan Waisak dan tradisi perayaannya di Indonesia. Ia terutama percaya pada perjalanan spiritual Siddhartha Gautama.

“PDI Perjuangan, rumah besar bangsa, telah mengedepankan asas Ketuhanan Yang Maha Esa di atas asas lainnya, terutama kemanusiaan, persatuan bangsa, akal budi dan mufakat; sehingga memungkinkan kita untuk bekerja sama dan berkeadilan sosial,” kata Hasto.

Baca Juga: Tiket Festival Lampion Waisak 2024 Habis Terjual

Hasto menambahkan, agama mengajarkan kita untuk menahan diri dari berbagai perilaku yang memecah belah bangsa. Di satu sisi, agama adalah kasih sayang; perilaku baik Kerendahan Hati dan Masyarakat; Hal ini mengajarkan keinginan untuk selalu berbuat baik bagi bangsa dan negara.

Hasto mewujudkan seluruh semangat dan makna peringatan Waisak tahun ini serta memperkokoh landasan spiritual PDI Perjuangan dengan slogan Satyam Eva Jayate pada Rakernas ke-5 partai tersebut.

“Selamat Trisuci Waisak. Semoga Waisak membawa kebahagiaan, kedamaian dan cahaya dalam hidup kita semua,” ucap Hasto. (tan/jpnn)Video terpopuler hari ini:

Baca artikel lainnya… Perjalanan melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Candi Borobuddha tahun 2568.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *