Pemerintah Susun Peta Jalan Pembudayaan Listerasi, Lestari Moerdijat Merespons Begini

saranginews.com, JAKARTA – Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan sejumlah langkah yang tertuang dalam rencana budaya literasi harus menjadi perhatian bersama untuk meningkatkan budaya literasi yang merupakan bagian dari pembentukan karakter anak bangsa.

Lestari mengatakan, hal ini bertepatan dengan Hari Buku Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 Mei.

BACA JUGA: Lestari Moerdijat Minta UMKM Selalu Tingkatkan Kualitas, Ini Tujuannya

“Peta jalan pembinaan literasi harus dilaksanakan secara sungguh-sungguh agar pengembangan karakter anak bangsa dapat menghasilkan generasi penerus berkualitas yang kita semua harapkan,” kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis Deklarasi, Jumat (17/12/2021). 5) .

Dikatakannya, berdasarkan Indeks Perkembangan Literasi Masyarakat (IPLM) yang disusun Perpustakaan Nasional (Perpusnas), tingkat literasi masyarakat pada tahun 2022 berada pada angka 64,48 dari skala 100 atau masuk kategori sedang. Pemerintah juga menargetkan IPLM sebesar 71,4 pada tahun ini.

Baca juga: Tingkatkan Literasi, Kemenag Siapkan 25 Topik Khotbah Jumat 2024

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Kemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengungkapkan, pemerintah telah menyusun rencana penanaman literasi.

Strategi peningkatan literasi dalam peta jalan dilaksanakan melalui penanaman literasi di keluarga, satuan pendidikan, dan penanaman literasi di masyarakat.

BACA JUGA: GPMB sambut hari jadinya yang ke-20 dengan seminar promosi keberagaman dalam literasi budaya.

“Banyak pihak yang harus mengetahui beberapa langkah membudayakan literasi untuk mempercepat pencapaian sejumlah tujuan yang telah ditetapkan,” kata Rerie alias Lestari Moerdijat.

Diakui Rerie, untuk mencapai peningkatan literasi anak bangsa yang melibatkan keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat diperlukan sinergi yang besar antar aktor.

Anggota komisi

“Saya sangat berharap proses pembangunan sumber daya manusia nasional yang berkarakter, tangguh, dan berdaya saing dapat tercapai sesuai tujuan mencapai Indonesia Emas 2045,” kata Rerie yang juga anggota Dewan Tinggi Partai NasDem itu. (mrk/jpnn) Apakah Anda menonton video terakhir ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *