Menjelang Final Championship Series Liga 1, Persib Kena Sanksi Komdis PSSI

saranginews.com – Keberhasilan Persib Bandung melaju ke final Liga Champions musim 1 2023/2024 dipengaruhi oleh perilaku buruk salah satu suporternya, Bobotoh.

Persib juga mendapat sanksi dari Komite Disiplin PSSI (Komdis) berupa denda Rp50 juta akibat ulah penggerek stadion.

BACA JUGA: Persib vs Madura United: Hodak Waspadai Pemain Ini

Pada laga semifinal kedua Persib melawan Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18/5/2024), tiga penonton dipastikan masuk ke lapangan setelah laga berakhir.

Para suporter yang tidak setia ini masuk ke dalam lapangan dan menghampiri beberapa pemain yang bergembira setelah mengalahkan Bali United 3-0 dan memastikan tempat mereka di final.

BACA JUGA: Persib vs Madura United: Passos Siapkan Materi Khusus untuk Kiper

Karena kecerobohan suporter, beberapa petugas keamanan pun bergegas mencari ketiga penonton tersebut, bahkan kapten tim Persib, Marc Klok dan Dedi Kusnandar pun langsung memberikan teguran.

Dalam surat keputusan Komite Disiplin PSSI nomor 223/L1/SK/KD-PSSI/V/2024 yang ditandatangani Ketua Umum Eko Hendro Prasetyo, SH., MH menjelaskan Persib mendapat denda Rp50 juta akibat perilaku buruk tersebut. dari ketiganya merupakan penonton yang memasuki lapangan.

BACA JUGA: Persib vs Madura United: Bey berharap Maung Bandung menang 3-0

Sanksi tersebut diperkuat dengan bukti yang cukup untuk membuktikan telah terjadi pelanggaran disiplin.

Apa yang dilakukan pengamat itu melanggar Pasal 70 Ayat 1, Ayat 4 dan Lampiran 1 Nomor 5 Peraturan Disiplin PSSI 2023.

“Pengulangan pelanggaran terkait di atas akan mengakibatkan hukuman yang lebih berat,” tulis Komite Disiplin PSSI.

Wakil Presiden PT Persib Bandung Bermartabat Andang Ruhiat pun mengecam pemain Bobotoh yang melakukan aksi penyerbu stadion hingga menyebabkan pembatasan.

Andang meminta dengan sungguh-sungguh agar Bobotoh tidak melakukan razia lapangan dan tindakan nakal lainnya karena ada ancaman sanksi yang lebih berat.

“Kami bukan hanya menyayangkan, kami mengecam tindakan masuk ke dalam stadion. Ini contoh buruk di tengah perjuangan Persib merebut trofi juara. Mohon jangan terulang lagi di laga final. Dukung Persib dari stadion, kata Andang, Jumat (24/5/2024).

Untuk mewujudkan harapan Bobotoh, Persib akan menghadapi Madura United pada laga terakhir leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Minggu (26/5/2024) pukul 19.00 WIB. (mcr27/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *