Lewat PGTC 2024, Pertamina Siap Kolaborasi Hadapi Trilema Energi

saranginews.com, XAKARTA – PT Pertamina (Persero) berperan penting dalam menghadapi tantangan dan mencegah ancaman global akibat faktor geopolitik dan perubahan pasar yang sedang berlangsung.

Fadjar Djoko Santoso, VP Corporate Communications Pertamina, mengatakan trilema energi menjadi tantangan besar bagi Pertamina saat ini, apalagi Pertamina sebagai BUMN energi mempunyai peran penting dalam menjaga ketahanan energi nasional.

Selain itu, band pahlawan lokal Pertamina berhasil meraih 8 penghargaan KLHK pada festival PPKL 2024

Fadjar Djoko Santoso mengatakan: “Segitiga Energi menghadapi optimalisasi sumber daya Pertamina Group dengan memperkuat kolaborasi dengan berbagai mitra dari pihak swasta, pemerintah, termasuk kampus universitas.”

Dia menjelaskan optimalisasi produksi hulu untuk mengurangi impor dan meningkatkan produksi kilang minyak Pertamina.

Baca juga: Hardiknas 2024: Pertamina ke Kampus, Siap Tawarkan di 15 Universitas, Jaga Waktu Anda!

Strategi lainnya adalah meningkatkan penggunaan transisi energi, seperti penggunaan sistem gas kota, peningkatan kapasitas panas bumi, dan penggunaan sumber tanaman seperti biofuel.

Ia juga mengatakan, Pertamina berupaya mengoptimalkan seluruh sumber daya manusia untuk melaksanakan berbagai strategi yang diterapkan Pertamina.

Baca juga: Komitmen Open Data Raih Penghargaan Pertamina 7 SPS Tahun 2024

Namun, dukungan semua pihak sangat penting bagi Indonesia untuk mengatasi tantangan sektor energi dengan lebih cepat.

“Salah satu upaya Pertamina untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat adalah melalui pendidikan di tingkat universitas yang akan melanjutkan manajemen energi bagi mahasiswa sebagai generasi muda,” kata Fadjar.

Pelatihan Pertamina akan diwujudkan melalui berbagai kegiatan seperti Pertamina Goes 2024 (PGTC) yang akan diselenggarakan di 15 perguruan tinggi se-Indonesia dalam waktu dekat.

PGTC merupakan inisiatif Pertamina untuk bertukar pikiran dan memaparkan peran Pertamina di bidang energi dan pembangunan kepada seluruh kalangan akademisi.

Rangkaian kegiatan PGTC akan dimulai pada Senin (6/5) sebagai kickoff PGTC di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Di ITB, Pertamina akan menyelenggarakan dua pembicaraan dengan tema “Shaping Tomorrow: Empowering Sustainable Careers”.

Praktik pendidikan untuk solusi energi dan kelestarian lingkungan”.

Pada sesi pertama, CEO PT Pertamina (Persero), Rektor ITB Prof. Prof. Prof. Pak N.R. Reini Djuhraeni Wirahadikusumah, Adi Prinantyo – Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

Sementara itu, panel kedua bertajuk “Empowering Future Leaders: Membuka Potensi Manusia” akan menghadirkan Direktur SDM Pertamina Erri Sugiharto, pendiri Chiki Tubagus Sayalendra, serta duta lingkungan hidup dan artis pengusaha Tasya Kamila.

“Melalui ajang PGTC 2024, Pertamina menghadirkan inovasi-inovasi terkait sektor energi, serta menciptakan rasa kolaborasi dengan pelaku industri, ilmuwan, dan tokoh masyarakat yang dapat membantu merangsang inovasi, mendorong pertumbuhan, dan mengatasi tantangan kemandirian energi pembangunan,” jelas Fadjar. . (jpnn)

BACA LEBIH LANJUT… Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika menjadi magnet wisata olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *