Kolaborasi Pemerintah & Swasta dalam Meningkatkan Akses Air Minum Layak-Berkualitas

saranginews.com, BALI – Salah satu aspek penting dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) adalah menjamin ketersediaan dan pengelolaan air bersih dan sanitasi berkelanjutan bagi seluruh masyarakat.

Sejalan dengan itu, pemerintah Indonesia memiliki target 100% akses terhadap air minum yang aman di Indonesia pada tahun 2020-2024, dan 15% untuk air minum yang aman dalam Rencana Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

BACA JUGA: Danone Indonesia merintis kemitraan dengan pemerintah untuk pengelolaan air berkelanjutan

Sebagai salah satu mitra strategis pemerintah Indonesia, Danone Indonesia berkomitmen mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam mengatasi permasalahan air, termasuk mencapai tujuan RPJMN.

Kali ini Danone Indonesia mewujudkan komitmennya dengan mendukung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam menyelenggarakan World Water Forum ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 18 hingga 25 Mei 2024.

BACA JUGA: Danone Indonesia raih emas AQUA Mambal untuk keenam kalinya tahun ini

Tim Pakar V Kementerian PUPR, Endra Atmawidjaja, dalam jumpa pers bersama Danone Indonesia di sela-sela World Water Forum ke-10 mengatakan, akses terhadap air minum aman saat ini sebesar 91% dan akses terhadap air minum aman sebesar 11,8%. .

“Pemerintah Indonesia bertekad untuk memastikan masyarakat di seluruh Indonesia memiliki akses terhadap air minum yang aman. Oleh karena itu, kerja sama antara pemerintah dan semua pihak, terutama pihak swasta, sangat penting untuk menyelesaikan permasalahan air dan mempercepat pencapaian tujuan terkait. terhadap ketersediaan air minum yang aman dan terjamin”, kata Endra.

BACA JUGA: Buronan Delapan Tahun Pembunuh Vina Cirebon Ditangkap di Kawasan Ini

Endra menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih dan mendukung komitmen Danone Indonesia dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan akses terhadap air minum yang layak dan berkualitas.

“Kami berharap partisipasi swasta dapat terus membantu mengatasi krisis air sehingga pemerintah dapat memperluas akses terhadap air minum yang layak sekaligus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. “Hal ini juga merupakan tujuan yang disebutkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yaitu memastikan masyarakat memiliki akses universal terhadap air bersih dan sanitasi,” ujarnya.

Dengan komitmen panjang dalam mendukung upaya pemerintah mengatasi permasalahan air, Danone Indonesia terlibat aktif dalam World Water Forum 2024.

Pada penyelenggaraan World Water Forum 2024, Danone terlibat sebagai pembicara dalam beberapa sesi panel tingkat tinggi, sesi tematik dan diskusi di beberapa paviliun negara-negara peserta pameran World Water Forum 2024, mengenai solusi mengatasi permasalahan air.

Danone juga membuka fasilitas edukasi tentang pentingnya pengelolaan sumber daya air di salah satu area pameran World Water Forum 2024 dan memenuhi kebutuhan hidrasi peserta, delegasi, dan perwakilan negara selama acara berlangsung.

Sekretaris Jenderal Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, keikutsertaan Danone Indonesia dalam World Water Forum ke-10 di Indonesia menegaskan tekad perusahaannya dalam membantu pemerintah mengatasi permasalahan air.

“Danone Indonesia melihat World Water Forum sebagai peluang penting untuk membangun kemitraan lintas sektor untuk secara aktif mengatasi permasalahan air global melalui program dan inisiatif kolaboratif,” ujarnya.

Vera juga menyampaikan bahwa untuk membantu pemerintah mengatasi permasalahan air dan mempercepat pencapaian tujuan terkait ketersediaan air minum yang cukup dan aman, Danone Indonesia telah menerapkan kebijakan air Danone yang berfokus pada tiga pilar utama, yaitu perlindungan air. sumber daya air dan lingkungan hidup, mendorong sirkulasi air dalam sistem, menyediakan akses terhadap air bersih dan sanitasi melalui program WASH (Access to Water, Sanitation and Hydration).

Program WASH merupakan program kolaboratif multisektoral yang bertujuan untuk meningkatkan akses air bersih di berbagai wilayah yang memiliki keterbatasan akses terhadap air bersih.

Hingga saat ini, program WASH telah menyediakan akses air bersih bagi lebih dari 500.000 orang.

Di bawah payung program WASH, Danone Indonesia bekerja sama dengan Water.org untuk melaksanakan program Kredit Air di berbagai wilayah di Indonesia.

Kredit air merupakan skema kredit mikro yang difasilitasi oleh lembaga keuangan. Skema ini memungkinkan kelompok Pengelolaan Air Perdesaan (SPAM) untuk secara mandiri mengembangkan dan mengelola akses terhadap air bersih dengan mencari pendanaan dari lembaga keuangan daerah.

Dalam skema ini, Danone Indonesia dan Water.org memberikan pelatihan kepada kelompok-kelompok tersebut untuk menyiapkan laporan keuangan, rencana peningkatan layanan, rencana anggaran dan menerapkan manajemen akses air.

Hasilnya, program ini dilaksanakan di dua kabupaten di Jawa Tengah dan di tiga puluh dua kabupaten di Jawa Timur. Sejak diluncurkan pada tahun 2016, kolaborasi ini telah berlangsung dan telah memberikan manfaat bagi lebih dari 175.000 orang.

Pada penyelenggaraan World Water Forum 2024, Danone terlibat sebagai pembicara dalam beberapa sesi panel tingkat tinggi, sesi tematik dan diskusi di beberapa paviliun negara-negara peserta pameran World Water Forum 2024, mengenai solusi mengatasi permasalahan air.

Danone juga membuka fasilitas edukasi tentang pentingnya pengelolaan sumber daya air di salah satu area pameran World Water Forum 2024 dan memenuhi kebutuhan hidrasi peserta, delegasi, dan perwakilan negara selama acara berlangsung.

Danone Indonesia berkomitmen untuk mencapai dampak positif terhadap air, yaitu dengan mengembalikan lebih banyak air kepada masyarakat dan alam dibandingkan yang digunakan untuk proses produksi perusahaan.

Selain penerapan kebijakan pengelolaan air, perusahaan juga terlibat dalam berbagai kemitraan strategis dan komprehensif dengan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan masyarakat, lembaga akademis dalam melakukan aksi bersama dalam penerapan pengelolaan sumber daya air secara terpadu.

Danone Indonesia juga mengadopsi strategi pembiayaan ramah lingkungan untuk memperkuat penerapan tata kelola yang baik dan memperkenalkan pembayaran jasa lingkungan (PES) sebagai skema untuk memberikan kompensasi finansial atas konservasi dan pengelolaan sumber daya alam yang baik.

Untuk memahami pentingnya peran pendidikan air dalam menjamin ketahanan air dan mendorong kesejahteraan bersama, Danone Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dan Sekolah.mu meluncurkan modul pendidikan Little Water Conservation Hero yang dirancang untuk sekolah dasar.

Kami berharap modul ini dapat membantu membangun kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan masalah, sehingga dapat menjadi agen perubahan di tengah krisis air saat ini.

Didukung oleh komitmen dan pengalaman jangka panjang dalam menyediakan akses terhadap air minum yang terjangkau dan berkualitas serta menjaga kelestarian lingkungan, Danone Indonesia siap untuk terus berperan aktif dalam mendukung pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan ketersediaan air. “Kami yakin dengan kerja sama multisektoral dan kesadaran akan pengelolaan air dan lingkungan yang berkelanjutan, kita dapat mengatasi masalah krisis air serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Vera. (kanan/jpnn)

BACA ARTIKEL LAIN… Bobby Nasution Gabung Gerindra, Simak Pernyataan Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *