Kobaran Dongker Lewat Ceriwis Necis

saranginews.com, JAKARTA – Grup Musik Dongkar akhirnya merilis album debut bertajuk Service Necess pada Mei 2424.

Album tersebut berisi 17 lagu berdurasi total 65 menit dan dikemas dengan 17 teaser dan 17 visual.

Baca juga: Arditho Pramono Bawa Kisah Pribadi ke Album Rodrip

Secara keseluruhan, album Series Necess bercerita tentang bagaimana kekuatan mengintimidasi ruang pribadi yang sulit dipahami, dengan berbagai detail cerita yang dialami oleh masing-masing anggota DongK.

Lagu-lagu dalam album Nevoja e Rënda adalah Dimbja jote, Di neraka, Sehari tanpa badai, Plaža na ey. Twinkle, Kota Tuhan dalam Reruntuhan ft Tommy Hercetta & The Whiteskeleton, Tuhan, Menurutmu Kami Ini Apa?

Baca juga: Swallow, Texpac dan RagSound bawakan lagu baru di atas panggung

Materi lainnya adalah segalanya, dengarkan Lagu Sedih ft Made Dharma & Raka Soetrisno (Focus Track), Sodium Benzoate, A Consciousness, Just Die ft Rinrin & White Skeleton, Bet on Fire and Land ft. Nara dan Silva

Di Cerevis Nésis, Donger mengeksplorasi banyak hal, antara lain 2 lagu berbahasa Inggris: Only the Soil and Hear the Land, Raka Soetrisno (Kinder Bloomen) dan Mead Dharma (Sunlotus dan Deadly Weapons) dengan penggunaan klakson dan gitar distorsi tebal, Crow’s Song. Sedih b, dan hal lainnya

Baca Juga: Penjualan Tiket Harian Fest 2024 Dimulai, Ini Harganya

“Servis Necess adalah proyek pertama saya yang melibatkan banyak orang dalam prosesnya, baik secara teknis maupun pribadi,” kata pentolan Dongkar Delpi Suhariyanto.

Karya dengan judul yang berkonotasi lagu sedih seperti Kaw Si Sad Song menjadi satu-satunya lagu Donghae yang menceritakan kisah di luar para stafnya.

Lagu tersebut bercerita tentang pengalaman Delpy saat istrinya meninggal

Lagu Kaw Si Sad merupakan komposisi paling pop/mainstream dengan 3x repeat work

“Kami selalu aktif dengan komunitas kami dan berkolaborasi dengan berbagai penyelenggara atau artis dari berbagai daerah dalam semangat Calvert. Album ini merupakan kompilasi sejarah Calvert yang dialami DongKar selama 3 tahun terakhir,” jelas karyawan DongKar, Arno Zaroer .

Cerita dalam lagu Service Necess kami ciptakan dengan harapan dapat memperluas jumlah penonton, semakin banyak orang yang menyanyikan lagu Dongkar dan memperbanyak jaringan pertemanan sehingga hasil akhir dari musik Service Necess menjadi beragam. Digicri Arethusa menambahkan

Visual album dibuat oleh Aurora Arazi yang menghadirkan Cerevis Necis dengan benda-benda sehari-hari yang sering dijumpai di jalanan: tikungan lalu lintas, pembatas jalan, lampu jalan, panel listrik, dan kusen jendela.

Benda-benda tersebut dipotong menjadi lembaran-lembaran kertas kalkir yang kemudian ditumpuk dan dipindai menggunakan mesin

Pasca perilisan album Serial Necess, band punk rock asal Bandung ini punya dua agenda besar yang direncanakan.

Dongkar akan melakukan tur ke Indonesia pada bulan Juni hingga Juli 2024, dilanjutkan dengan showcase album pada bulan November.

Service Necessity edisi fisik karya Dongkar dirilis sebanyak dua kali, yakni dalam bentuk kaset oleh Lustful Dust dan Copyright Reserved pada September, kemudian dalam bentuk vinyl oleh Catastrophe Records pada November 2024. (ded/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *