Kemenkop UKM Kolaborasi Bareng LKPP dan Hippindo Gelar Pameran Inabuyer B2B2G 2024

saranginews.com, JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Lembaga Pengadaan Produk/Jasa Pemerintah (LKPP) dan Himpunan Penyewa dan Pertokoan Indonesia (Hippindo) kembali berkolaborasi menyelenggarakan B2B2G 2024. Showcase Pembeli .

Kegiatan ini diharapkan dapat memperluas rantai pasok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan memperkuat perekonomian dalam negeri.

BACA JUGA: KemenKopUKM undang Bisnis Startup dan Modal Bisnis Internasional

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyambut baik kerjasama dalam inisiatif B2B2G Buyer 2024 ini.

Ia mengatakan, rantai pasok merupakan bagian penting dalam ekosistem bisnis UMKM.

BACA LEBIH LANJUT: KoinWorks berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dengan fokus pada sektor pertanian dan peternakan.

Menurut Teten Masduki, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kolaborasi antara pemerintah, BUMN, swasta, dan serikat pekerja, baik di dalam maupun luar negeri.

“Kerja sama ini menjadi peluang emas bagi UMKM untuk berkomunikasi dan berjejaring dengan banyak pembeli dan pelaku usaha yang mencari produk-produk berkualitas asal Indonesia,” kata Teten Masduki saat berbicara melalui video, Kamis (15/5).

BACA JUGA: Kementerian Koperasi dan UKM dukung industri kerajinan melalui Tingkat Sejarah Nusantara.

Berdasarkan data International Monetary Fund World Economic Outlook, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 5,0 persen.

Namun, hanya 6,3 persen UMKM yang berpartisipasi dalam rantai nilai global.

Oleh karena itu, kata Menteri Teten, diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan memperluas akses pasar melalui pendampingan yang komprehensif.

“Dengan dukungan alokasi harga produk dan jasa dari pemerintah, BUMN dan sektor ritel lainnya, UMKM harus mampu bersaing untuk menjadi penyedia utama perekonomian nasional,” kata Menteri Teten.

Ia berharap acara B2B2G Inbuyer 2024 dapat menjadi katalisator bisnis yang efektif dan membangun kemitraan jangka panjang, serta mendorong inovasi dan kemajuan ekonomi. “Semoga para pelaku usaha di tanah air dapat memanfaatkan peluang ini untuk memperluas pasarnya, menciptakan layanan baru. berkualitas, dan menjamin pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” harap Menteri Teten. Fokus negosiasi

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Hippindo Budihardjo Iduansyah mengatakan pihaknya bersama Kementerian Koperasi dan UKM serta LKPP sangat bertekad membuka akses rantai pasok bagi pelaku usaha UMKM.

Pembelian merupakan cara pemerintah dan swasta untuk mengidentifikasi rantai pasok industri bagi UMKM.

Inisiatif ini memungkinkan pembeli atau pembeli untuk mengurangi waktu proses pembelian untuk menemukan produsen atau pemasok yang berkualitas.

Hippindo punya lima borgol yang menjadi prinsipnya, kata Budihardjo.

Budihardjo mengatakan, dalam pengerjaan Pembelian kali ini, timnya menggunakan lima prinsip sebagai berikut.

“Pertama rantai pasok. Rantai kedua menyediakan pemasok mulai dari Sarinah, perusahaan retail dan lain-lain,” ujarnya.

Kemudian penjara ketiga, kata Budhardjo, adalah pemerintah.

Dalam acara Inbuyer ini, seluruh pemangku kepentingan berkumpul dan saling mendukung.

Kemudian mata rantai keempat adalah SDM (sumber daya manusia) dimana pada pelaksanaan tahun ini kita menambah kerja sama dengan pemerintah yaitu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam pengembangan sumber daya manusia UMKM, jelasnya.

Terakhir, rantai kelima adalah pengecer yang bertanggung jawab dari atas ke bawah, baik penjualan offline maupun online.

Untuk itu, Budihardjo mengaku berharap B2B2G Buyer 2024 bisa mencapai nilai transaksi Rp 1,03 triliun dari tahun lalu. “Pada kegiatan pre-money match pada 6 Juni 2024, telah terverifikasi transaksi senilai Rp161 miliar dari 42 pembeli peserta,” ujarnya.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Jenderal LKPP Iwan Herniwan mendukung semangat kerja sama dalam mencapai pasar terpadu.

LKPP juga terus melakukan perubahan regulasi khususnya dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Menurut Iwan Herniwan, perubahan peraturan pengadaan barang dan jasa pemerintah memasuki era baru, yakni dari Perpres hingga Undang-Undang Pengadaan Barang dan Jasa.

“Kami mohon dukungannya. Melalui perubahan ini, pemerintah juga akan membuka pasar pengadaan produk dan jasa secara luas kepada pasar UMKM,” kata Iwan Herniwan.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan Indonesia berhasil mencatat surplus neraca perdagangan sebesar $4,47 miliar pada Maret 2024.

Faktanya, perekonomian Indonesia belum turun dari 5 persen.

“Indikator-indikator ekonomi ini memberikan pengaruh yang baik bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya dan memperkuat rantai pasoknya. Salah satunya melalui acara Buyer,” kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. (mrk /jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *