Info Terbaru Pendaftaran CPNS 2024: Formasi Khusus Membeludak

saranginews.com – DENPASAR – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan informasi terkini jelang pendaftaran CPNS 2024.

Menteri Anas mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 100.000 formulir khusus bagi lulusan baru yang akan berangkat ke Ibu Kota Negara (IKN).

BACA JUGA: Update Nomor Pemohon CPNS Angkatan I BKN 2024

Namun Menteri Anas tidak menjelaskan secara rinci apakah 100 ribu struktur itu akan segera terisi pada pemilu CPNS 2024 atau bertahap.

“Kami sudah menyiapkan formulir khusus, atas perintah Presiden, bagi mahasiswa baru yang masuk IKN, sudah disiapkan sekitar 100.000 formulir untuk banyak talenta yang akan masuk IKN. Jadi kontraknya untuk ICN, baru tahun ini atau tahun depan,” kata Azwar Anas di Denpasar, Bali, Selasa (21/5).

BACA Juga: Pelajar SMA Berpeluang Besar di Seleksi CPNS dan PPPK 2024, BKN Beri Penjelasan

Menteri Azwar Anas mengatakan, pemerintah juga telah menyiapkan beberapa jabatan, tidak hanya berdasarkan kementeriannya saja, melainkan berdasarkan eselon 1, eselon 2, dan eselon 3.

“Jadi begini kita buat beberapa level ASN di IKN, sebenarnya yang terakhir sudah siap menyiapkan rumah bagi ASN. Pertama ASN level 14 ribu, ASN level 11 ribu, ASN level 6, dan terakhir ASN level 3.216, nanti kita ubah sesuai dengan rumah ICN,” kata Mas Anas.

BACA Juga: Pendaftaran CPNS 2024 & PPPK: Calon Satpol PP Wajib Tahu Informasi Penting Ini

Azwar Anas mengatakan, sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo, kemungkinan perpindahan ASN ke IKN dilakukan setelah perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2024.

“Perintah Presiden mungkin setelah perayaan HUT RI. Jadi begini tanggal 17 Agustus persiapan hajatan ini, tunggu saja statusnya full atau hybrid, tapi yang pasti rencana pindah (ASN) ke ICN tidak akan sebelum Agustus, ”ujarnya.

Pemindahan ASN ke Ibu Kota Negara (IKN) dilakukan secara bertahap pada tahun 2024 hingga 2029 dengan tiga prioritas.

Pengalihan ASD dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh departemen dengan tiga prioritas.

Tidak ada layanan khusus yang pertama, tetapi semua layanan lambat.

Selain mutasi ASN, berbagai rencana juga tengah disiapkan untuk pengisian pegawai di IKN, seperti rencana pengisian struktur perwakilan pegawai negeri sipil (CPNS) khusus IKN pada tahun ini, kini ada nomor khusus untuk yang terbaik. anak laki-laki. dan anak perempuan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Selain itu, rekrutmen personel IKN juga akan melibatkan mutasi personel berstatus ASN dari Pemda Kaltim.

Namun, pilihan terbuka tetap dibuat untuk mempekerjakan pekerja berkualitas. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *