Bunga Telang, Tanaman Kaya Khasiat Bisa Jadi Sumber Cuan

saranginews.com, PALEMBANG – Seorang pria dan seorang wanita yang tinggal di Palembang memanfaatkan bunga ternatea atau dikenal dengan bunga telang sebagai sumber penghasilan.

Bunga telang merupakan tanaman tahunan yang mempunyai banyak manfaat. Ini termasuk bertindak sebagai antioksidan, mengurangi gejala alergi, dan mengurangi demam.

TERKAIT: 6 Manfaat Tak Terduga Teh Bunga Kupu-Kupu, Cepat Diabetes dan Demam

Enny Suprihatin menjelaskan, ia dan suaminya mulai menanam bunga telang karena penasaran.

“Kapan pun ada pertunjukan di mana pun, bunga telang pasti ada, makanya kita cari tahu manfaatnya, setelah mendalami banyak manfaat dari bunga telang ini,” ujar Enny saat ditemui di rumahnya di Pulokerto. Desa, Kecamatan Gandus Palembang, Selasa (21/5).

PEMBARUAN: Persiapkan! TASPEN akan menyalurkan gaji pada tanggal 13, Catat tanggalnya

Di sana, Enny dan suaminya mulai menanam pohon kecil tersebut.

“Kami mulai menanam bunga telang sejak tahun lalu. Karena lahan kami tidak luas, kami menanam bunga telang di pekarangan rumah kami,” lanjut Enny.

BACA JUGA: 7 Manfaat Rutin Mengonsumsi Ganja, Membantu Mengobati Penyakit Ini

Setiap hari Enny dan suaminya memanen bunga berwarna merah tersebut.

“Setiap selesai panen langsung dicabut, produksi bunga tulang tahap pertama dijemur selama tiga hari, kemudian disangrai agar tahan lama sebelum ditutup,” kata Enny.

Selama ini, kata Enny, bunga telang yang dijual banyak diminati konsumen karena banyak manfaatnya, terutama untuk kesehatan fisik.

Setiap paket yang terjual, Enny menyertakan resep menikmati bunga telang.

Bunga telang juga bisa dijadikan pewarna makanan alami, minuman bisa dibuat dengan campuran lemon, madu, dan daun mint yang kaya manfaat,” kata Enny.

Bunga telang Enny dijual mulai Rp5 hingga Rp25 ribu.

“Saya menjual bunga telang secara langsung dan online melalui media sosial (Medsos), alhamdulillah pesanan sudah sampai di luar Sumsel,” kata Enny (mcr35/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *