Adaro Energy Membagikan Dividen USD 800 Juta

saranginews.com – JAKARTA – PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) menyetujui pembagian total laba tahun buku 2023 sebesar US$800 juta pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 pada Rabu (15/5).

Total dividen tersebut setara dengan 48,74 persen pendapatan perusahaan pada tahun fiskal 2023 sebesar $1,6 miliar.

Baca juga: Adaro Tegaskan Kembali Peluncuran Produk Energi Ramah Lingkungan di Dunia

Presiden ADRO Garibaldi Tohir alias Boy Tohir mengungkapkan, keuntungan sebesar US$ 400 juta dibagikan sementara pada 12 Januari 2024.

Dividen sebesar US$400 juta akan dibagikan sebagai dividen tunai final satu bulan setelah RUPST.

Baca juga: Dengan Sambungan Listrik, Adaro CS Tambah 3,2 Ton Batubara untuk PLN

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemegang saham yang telah memperoleh pendapatan melalui pembagian tunai rutin dan pembelian kembali saham perseroan,” kata Boi Tohir dalam konferensi pers usai RUPST di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu (15/5). . ).

Ia juga menyatakan, sisa laba tahun anggaran 2023 sebesar 51,26 persen atau setara 841,43 juta dolar dinyatakan sebagai laba.

Baca juga: Wah, Adaro Boss Masuk Daftar 20 Pengusaha Tersukses 2021

Dalam RUPST tersebut, para pemegang saham juga menyetujui perubahan Pasal 4 Ayat 2 Anggaran Dasar Perseroan tentang pengurangan jumlah uang yang dikeluarkan dan pelunasannya melalui penerbitan 1,22 miliar saham atau 3,84 persen dari jumlah seluruhnya. Memberikan pembayaran penuh untuk perusahaan.

Dengan demikian, modal ditempatkan dan disetor perseroan yang semula 31,98 miliar saham setara Rp3,19 triliun menjadi 30,75 miliar saham setara Rp3,07 triliun, kata Boi Tohir.

Dalam RUPST, Perseroan menyetujui pengangkatan Ivan Devono Budiuono sebagai direktur efektif pada akhir RUPST, dan kelanjutan masa jabatan anggota Direksi lainnya pada saat ini, yaitu sampai dengan tamat. Batas waktu RUPS Tahunan adalah tahun 2028.

Selain itu, Perseroan memberhentikan dan memberhentikan Chia Ahhu dari jabatannya sebagai direktur, dan segala tugas lain yang telah dijalankannya dalam pelaksanaan tugasnya sebagai direktur, sampai dengan tanggal efektif penutupan. harga RUPST.

“Atas nama seluruh jajaran manajemen dan karyawan Grup Adaro, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Bapak Chia Ah Ho atas dedikasi dan kontribusinya kepada Adaro. “Saya juga mengucapkan selamat kepada Bapak Ivan Devono yang telah bergabung dalam jajaran Direksi Budiyuwono,” kata Boi Tohir.

Oleh karena itu, susunan direksi perseroan saat ini adalah:

Presiden: Garibaldi Tohir

Wakil Direktur: Christian Ariano Rachmati

Sutradara: Michael William P. Soeryadjaya

Sutradara: Mohammad Siah Indra Amman

Sutradara: Julius Aslan

Sutradara: Ivan Devono Budiuwono. (antara/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *