758 Atlet Jateng Siap Berlaga di PON Aceh-Sumut, Nana Sudjana Targetkan Raih Peringkat Tiga Besar

saranginews.com, SEMARANG – Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sujana meminta seluruh atlet yang ingin mengikuti PON XXI/2024 Aceh-Sumut mempersiapkan diri dengan baik untuk mencapai cita-citanya.

“Persiapan dipusatkan dari hari ke hari. Kini sentralisasi pembinaan atlet daerah sudah dimulai.” Sejauh ini pelatihan telah dilakukan di beberapa tempat yakni di Semarang, Salatiga, Surakarta, Kudus, dan Magelang,” kata Nana usai mengunjungi KONI Jateng, Selasa (14/5/2024).

BACA JUGA: Tim Sepak Bola PON Aceh Belum Diagendakan Laga Uji Coba

Berdasarkan babak kualifikasi PON XXI, sebanyak 851 atlet dari 61 cabang olahraga menyelesaikan PON XXI Aceh-Sumut.

Namun berdasarkan hasil analisis, KONI Jateng memutuskan menurunkan 758 atlet di 60 cabang olahraga.

BACA LEBIH LANJUT: Nana Sujana: Lebih banyak investasi masuk ke Jawa Tengah, tingkatkan perekonomian dan kurangi pengangguran

Selanjutnya Aceh-Sumut akan mempertandingkan 60 cabang olahraga dari 68 cabang olahraga (kontingen Jateng) yang mengikuti PON, kata Nana.

Nana menegaskan, tujuan yang ingin dicapai pada PON XXI Jawa Tengah Aceh-Sumut tentunya ingin meningkatkan prestasi dan peringkat.

BACA JUGA: Nana Sujana desak Bank Jateng tingkatkan alokasi rumah subsidi KPR

Wilayah Jawa Tengah menduduki peringkat ke-6 PON XX Papua terakhir.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dan meningkatkan peringkat.” Kita upayakan ke level 3 atau 4, mudah-mudahan terus optimal,” kata Nana.

Oleh karena itu, para atlet terus dipacu untuk meraih prestasi setinggi-tingginya di pentas nasional.

Pasalnya ajang PON juga membawa nama dan reputasi Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi penghasil atlet nasional.

“PON ini membawa nama baik daerah dan nama baik masing-masing daerah. Kami akan mengoptimalkan. Kami akan terus fokus pada pelaksanaan pelatihan. “Kami juga akan terus memantau latihannya,” tegas Nana.

Sementara itu, Bona Ventura Sulistiana, Ketua KONI Jateng, mengatakan target perbaikan level dan rating pelaksanaan sebelumnya sudah diperhitungkan dengan baik.

Potensinya cukup jelas karena PON ke-21 Aceh-Sumut memiliki 11 cabang olahraga yang bisa merebut medali bagi Jawa Tengah. Padahal, persiapan PON XXI sudah berlangsung sejak dua tahun terakhir.

“Tujuan kami meningkatkan prestasi Papua (PON) sangat terukur karena di Papua ada 10-11 cabang olahraga nonkompetitif.” Padahal kita punya potensi dan sekarang bersaing di Aceh-Sumut,” kata Nana Sujana (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *