Relawan Bakti BUMN-PNM Tumbuhkan Asa di Nepal Van Java

saranginews.com, JAKARTA – Program Pengabdian Relawan BUMN (RBB) RBB memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai Kementerian BUMN dan Grup BUMN untuk berpartisipasi menjadi relawan dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

RBB merupakan program kerjasama BUMN yang fokus pada pencapaian seluruh tujuan program tanggung jawab sosial dan lingkungan BUMN Indonesia.

BACA JUGA: Perjalanan Inspiratif Mila, Atlet Pencak Silat yang Bergabung di PNM

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai PIC di Kecamatan Dusun Membutuhkan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bersama relawan anggota Bakti BUMN akan memberikan bantuan pelatihan berupa panen sayuran, sertifikasi drone dan pelatihan bagi pelanggan Mekaar.

PNM akan didampingi oleh para relawan yang terlibat dalam pengelolaan sampah dan pembelajaran penggunaan alat penggiling sampah dan pengelolaan keuangan sederhana (BRILINK).

BACA JUGA: PNM sosialisasikan penanaman mangrove dan serah terima sumur bor kepada warga Indramayu

Direktur Utama PT PNM Arief Mulyadi menjelaskan, para petani di Van Java, Nepal akan diberikan pelatihan sukarela dalam memanen sayuran.

“Hal ini kami lakukan sebagai bentuk kegiatan proaktif untuk menggali potensi sumber daya alam khususnya di Dusun Butuh,” kata Arief, Rabu (22/5).

Selain pilar pertanian ramah lingkungan, PNM juga memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada 10 anggota organisasi pemuda yang bekerja sebagai tukang ojek wisata di Van Java, Nepal tentang penggunaan drone. Kemudian 10 orang akan bekerja sama dengan para relawan untuk membuat konten menarik dan berkompetisi di dalamnya.

“Setelah itu, kami juga akan memberikan pelatihan kepada nasabah PNM Mekaar yang datang ke sini untuk diberikan edukasi pentingnya memahami produk keuangan dan cara mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya adalah dengan bergabung menjadi agen BRILink Mekaar,” ujarnya.

Menurut Arief, kegiatan ini merupakan komitmen bersama seluruh BUMN. Harapannya, Bakti BUMN dapat memberikan manfaat bagi semua orang yang menerimanya, mulai dari anak-anak hingga orang tua. “Kami berharap dapat bermanfaat secara berkelanjutan bagi seluruh wilayah. Desa Van Java di Nepal mempunyai keunikan dan potensi yang sangat besar, sehingga kami berharap dapat ditingkatkan dengan pelatihan dan pendampingan yang tepat agar potensinya dapat maksimal. bisa dimanfaatkan dan dikembangkan lebih lanjut,” ungkapnya. .

Salah satu anggota Bakti BUMN rupanya tinggal dan belajar di dekat desa Van Java di Nepal puluhan tahun lalu.

Niken mengaku memilih Magelang ada alasannya, karena sebagian dirinya masih berada di kota tersebut.

“Saya sangat senang bisa memberikan pengalaman saya kepada anak-anak desa Van Yawa, Nepal. Ketika saya bertemu dengan orang-orang yang saya lihat melalui mata mereka, ada harapan, harapan agar impian mereka bisa tumbuh dan terus menjadi impian mereka. Saya “Semoga kegiatan ini bisa menjadi pembuka mata bagi anak-anak di sini dan semuanya masih ada harapan untuk melanjutkan pembangunan desa ini,” kata Niken.

PNM merupakan lembaga pendanaan dan bantuan bagi perempuan kurang mampu di Indonesia melalui sektor usaha mikro itu sendiri. PNM tidak hanya memberikan modal usaha tetapi juga memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk. Saat ini terdapat 15,2 juta pelanggan PNM (mcr10/jpnn) di seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *