Rakernas V PDIP, Megawati Sebut Demokrasi Perlu Penyeimbang

saranginews.com, Jakarta – Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri mengatakan penting adanya partai yang seimbang dalam pemerintahan untuk menjaga kehidupan demokrasi di Indonesia.

“Kami tetap menjunjung check and balances, karena demokrasi butuh checks and balances,” kata Megawati dalam Musyawarah Nasional V PDIP, Jakarta, Jumat (24/5).

Baca juga: Endika Perkasa Resmi Jadi Kader PDIP, Pakai Baju Merah dan Disinggung Megawati di Munas Buruh

Penyiar Indonesia, Sukarno atau putri Bung Karno, tetap menjadi masyarakat sipil yang kuat dan membutuhkan media untuk menghadapi tantangan demokrasi.

“Demokrasi membutuhkan partai politik yang sehat dan institusional serta sistem hukum yang adil,” kata Megawati.

Baca juga: Megawati Sebut Api Mrapan Akan Bakar Mereka yang Tak Percaya Kebenaran

Ia kemudian berbicara tentang kemungkinan sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan selanjutnya.

Megawati mengatakan, sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan mendatang akan dikaji secara matang, semua aspek didengarkan hingga suara rakyat.

Baca Juga: MW V PDIP Tiba di Tempat Munas, Orang Penting Ini Langsung Menyambutnya

Presiden kelima RI ini mengatakan, “Partai harus mendengarkan seluruh suara masyarakat akar rumput, mulai dari yang berteriak hingga yang pingsan, dan terus memperjuangkan institusi demokrasi yang sehat.”

Megawati hanya menegaskan, sikap PDI Perjuangan terhadap pemerintahan selanjutnya adalah memikirkan tanggung jawab ekonomi rakyat.

“Ini soal tanggung jawab yang lebih besar agar masyarakat lebih memperhatikan berbagai isu terkait perekonomian, bukan melemahkan perekonomian dalam upaya menyambut investor,” ujarnya. (AST/JPNN) Jangan lewatkan video pilihan editor ini:

Baca artikel lainnya… Konferensi Nasional Perburuhan PDIP V: Megawati Bicara Soal Pemimpin Populis Otoriter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *