Rakernas V Akan Dimulai, PDIP Akan Tentukan Sikap, Program, Hingga Pemenangan Pilkada 2024

saranginews.com, JAKARTA – Ribuan kader PDI Perjuangan mulai memenuhi arena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-5 yang digelar di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5). Dalam Rakernas kali ini, PDIP akan membahas tiga isu utama.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP yang juga Ketua Dewan Pengarah (SC) Rakernas, Djarot Saiful Hidayat, dalam jumpa pers di arena Rakernas -PDIP V, Jumat (24 ). /5). ).

BACA JUGA: Patung Banteng Tertancap Anak Panah Menarik Perhatian di Tempat Rakernas ke-5 PDIP

Dalam jumpa pers tersebut, Djarot didampingi Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Ketua Panitia Pelaksana Rakernas Masinton Pasaribu, serta politisi PDIP lainnya seperti Adian Napitupulu, Deddy Yevri Sitorus, Selly Gelantina Andriani. , dan Aryo Seno Bagaskoro.

Isi Rakernas ke-5 PDIP akan membahas isu-isu terkait tiga isu utama, kata Djarot.

BACA JUGA: Puan Maharani akan memberikan instruksi di hari pertama Rakernas ke-5 PDIP

Djarot mengatakan, ada tiga persoalan pokok, yang pertama adalah soal sikap politik PDIP, baik internal maupun eksternal. Kedua, merumuskan program kemasyarakatan. Ketiga, kita membahas strategi memenangkan Pemilu 2024.

Djarot menambahkan, pembahasan tiga hal pokok akan dibagi dalam beberapa kelompok. Di masing-masing kelompok tersebut akan terdapat subkelompok yang membahas permasalahan secara komprehensif.

BACA JUGA: Puisi di Arena Rakernas, Komarudin Ingatkan Taruna PDIP Jangan Jadi Pengkhianat

Khusus strategi memenangkan Pilkada 2024 akan dibagi menjadi tiga subkelompok. Subkelompok pertama akan diisi pengurus DPC dan DPD yang perolehan suaranya lebih besar dari 20 persen.

Artinya, suatu kelompok yang terdiri dari ketua partai, sekretaris, dan bendahara, bisa mengajukan calonnya sendiri. Tapi kami akan terus bekerja sama dengan parpol lain, kata Djarot.

Kemudian kedua subkelompok tersebut adalah partai DPC dan DPD yang memperoleh kursi antara 10 hingga 20 persen. Sedangkan DPC dan DPD kurang dari 10 persen akan masuk dalam subkelompok 3.

Kemudian sebelum masuk ke sidang komisi, Rakernas V akan mendengarkan pendapat umum seluruh DPD. Pandangan umum ini terkait dengan situasi konsolidasi dan evaluasi pelaksanaan pemilu 2024 serta arah kebijakan dan program. usulan DPD DPD se-Indonesia,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Djarot mengatakan PDIP merupakan partai yang secara tegas menjalankan ideologi Pancasila yang berasal dari pemikiran dan ajaran Bung Karno, dengan tetap menggunakan sistem demokrasi terpimpin dengan mendengarkan seluruh pendapat DPD partai tersebut.

“Dari situlah keputusan-keputusan dibahas di komisi dan subkomisi. Hari terakhir dibacakan rekomendasi internal dan eksternal partai. Semua keputusan Rakernas diambil berdasarkan asas musyawarah dan mufakat,” ujarnya. menyimpulkan.

Rakernas kali ini mengangkat tema “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Akan Menang” dan subtema “Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.

Peserta yang hadir berjumlah 4.858 orang terdiri dari Fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, Badan dan Sayap Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16-th Tanah Air, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala Daerah dan Wakil Ketua PDIP, serta calon anggota DPR RI non petahana terpilih pada Pemilu 2024, menghadiri langsung pembukaan Rapat Kerja V Partai Nasional . (tan/jpnn)Video Terpopuler Hari Ini:

BACA ARTIKEL LAGI… Suara Anjlok di Pileg 2024, Riyanta Bentuk Cawagub Jateng dari PDIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *