Lewat Festival Jelajah Kuliner Nusantara, Kementerian BUMN Dukung UMKM Nasional

saranginews.com, Batavia – Archipelago bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk riset kuliner.

Beberapa grup BUMN pendukung kegiatan ini adalah PT Bank Syria Indonesia Tbk, PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Indonesia Asahan Aluminium, PT Bukit Asam Tbk, PT Perkebunan Nusantara III, PT Pos Indonesia.

Baca Juga: Para Pemimpin Global Tinjau Strategi Pembiayaan Terpadu untuk Perlindungan Air di WWF ke-10

Dilaksanakan di dua kota, Bandung, Jawa Barat 24-26 Mei 2024 dan Medan, Sumatera Utara 31 Mei-2 Juni 2024.

Mengusung tagline “Petualangan Kuliner Anda Dimulai Disini”, Acara JKN akan menghadirkan masakan otentik khas Indonesia serta menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi masyarakat.

Baca Juga: Inilah Pentingnya Membuat Website untuk UMKM 

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Loto Srinita Jinting mengatakan, kegiatan ini merupakan dukungan Kementerian BUMN yang serius ingin mendorong para pelaku UMKM untuk berpromosi di kelas.

Melalui acara ini, para pelaku UMKM, khususnya yang bergerak di bidang makanan dan minuman, dapat mempromosikan usahanya sekaligus memanfaatkan pengalaman kuliner masyarakat khas kepulauan tersebut.

Baca Juga: Jaga Keanekaragaman Hayati, SBI Bagikan Separuh Kawasan Pabrik Cilacap Sebagai Hutan Kota

“Melalui langkah ini, BUMN dan Kementerian BUMN berperan sebagai agen pembangunan yang terus merasakan perkembangan UMKM melalui berbagai proyek dan koordinasi dengan instansi atau lembaga lain. Salah satu program yang sedang berjalan adalah forum UMKM untuk Indonesia yaitu forum UMKM untuk Indonesia. “Riset Memasak Berkelanjutan” yang diselenggarakan oleh Lotto, kata Lotto.

“Jelaja Culinaria Nusantara juga bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat dan minat pasar terhadap produk UMKM khususnya UMKM Rumah BUMN dan produk UMKM yang terdaftar di Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM).

Festival Kuliner Riset Nusantara yang digelar pada 24 Mei 2024 di Taman Sacapua, Bandung, Jawa Barat akan menampilkan berbagai produk UMKM produksi Ruma BUMN dan PaDi UMKM.

Acara tersebut juga menampilkan pertunjukan musik oleh seniman Ghi Indrasari, live cooking show oleh Ulita Master Chef Indonesia Season 5, kompetisi barista, pameran cosplay, dan diskusi pakar oleh pengusaha nasional Gufron Sharif, CEO dan pendiri House Indonesia. chi/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *