Kemenpora Dukung Sumedang Open 2024 untuk Pengembangan Bakat Atlet Bulu Tangkis Junior

saranginews.com, SUMEDANG – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyambut baik turnamen bulu tangkis PBSI Sumedang Open 2024.

Hal itu diungkapkan Mohamad Aziz Arianto, Wakil Asisten Direktur Pusat Pembinaan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, saat membuka turnamen bulu tangkis PBSI Sumedang Open 2024, Rabu (8/5).

BACA JUGA: Kemenpora dan Bappenas ajak generasi muda berjejaring demi keberlanjutan kebijakan sumber daya manusia.

“Pemerintah dalam hal ini Kemenpora mendukung terselenggaranya PBSI Sumedang Open 2024. Apalagi pesertanya adalah atlet-atlet junior. Oleh karena itu, ajang ini turut serta dalam pengembangan bakat para atlet junior,” kata Aziz, yang didampingi Ketua Umum PBSI-i Sumedanga yang juga Kepala Biro Administrasi dan Pimpinan Protokol Pemuda dan Olahraga Indra Jayatmaja.

Menurut Aziz, bulu tangkis telah ditetapkan sebagai salah satu cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

BACA JUGA: Selebrasi Timnas U-23 Indonesia Vs Irak, Kemenpora: Ayo Selamatkan Garuda Muda untuk Tiket Olimpiade 2024.

“Tercatat sebagai olahraga unggulan karena bulu tangkis sudah pernah mengikuti Olimpiade dan selalu membawa medali. Apalagi bulu tangkis merupakan olahraga yang diminati masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Ia pun berharap PBSI Sumedang Open 2024 akan melahirkan atlet-atlet yang digadang-gadang menjadi yang terbaik dan mampu berprestasi di level yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Setahun Menjabat Menpora, Dito Ariotejo Ucapkan Terima Kasih kepada Keluarga Besar di Kemenpora

“Renovasi harus terus dilakukan, agar estafet mencetak atlet-atlet berbakat terus berlanjut ke depan. Kita di Kemenpora harus mendorong daerah lain untuk mengadakan acara serupa,” jelasnya.

Sementara Indra Jayatmaya mengatakan PBSI bersedia meningkatkan prestasi bulu tangkis Sumedang. Dimulai dengan fokus pada pembinaan atlet muda. 

“PBSI siap menyelenggarakan kompetisi yang digunakan untuk menyaring calon-calon pemegang gelar. Kami siap menyelenggarakan berbagai kejuaraan bulutangkis tingkat daerah dan nasional. Ini tentunya menjadi pengembangan lebih lanjut bagi atlet-atlet muda kita,” jelasnya. .

Kejuaraan reguler tahunan yang diadakan PBSI Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini memiliki tiga kategori yaitu: kategori satu umur, Pra Tunggal Putra Putra/Putri, Tunggal Putra/Putri Putra, Tunggal Anak, dan Pemula. Jomblo untuk cowok/cewek, jomblo cowok/cewek.

Selanjutnya kategori pasangan umur adalah pasangan remaja putra/putri, pasangan remaja putra/putri, dan pasangan remaja putra/putri. Terakhir, kategori senior terdiri dari pasangan putra kelas B.

Turnamen yang berlangsung selama empat hari mulai Senin (5 Juni) hingga Kamis (5 September) ini diikuti sekitar 700 peserta.

Sementara itu, pada pembukaan Turnamen Bulutangkis Terbuka PBSI Sumedang 2024, dimainkan pertandingan Ganda Putra Kelas B antara Beben/Indra Jayatmaya dari Kemenpora dan Asenko/Herdiawan dari PB Smile. (dkk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *