Dukung Pertumbuhan Ekonomi dan Sosial, Dua Pemuda Ini Gagas Youth Catalyst Foundation

saranginews.com, JAKARTA – Dua anak muda, Reza Dharmawan dan Brian Aptana Widjaja menyadari bahwa Indonesia merupakan negara yang mengalami bonus demografi.

Namun, negara ini masih menghadapi tantangan serius dalam memanfaatkan potensi generasi muda untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pembangunan sosial.

Baca Juga: Pj Bupati Dukung Kreativitas Pemuda Melalui Klang King Youth Fest ke-6

Menyadari permasalahan tersebut, Reza Dharmawan dan Brian Aptana Vidjaja mendirikan Youth Catalyst Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia menghadapi tantangan dunia kerja.

Reza Darmawan adalah salah satu pendiri StudentsCatalyst, program inkubasi mahasiswa selama enam bulan yang memberikan wawasan tentang dunia pasca-perguruan tinggi, jaringan profesional, dan kolaborasi proyek.

Baca Juga: 2 Pemuda Pukuli Dia, Polisi Hentikan dengan Tangan Kiri.

“Tujuan kami adalah mewujudkan lembaga pendidikan yang berdampak nasional, membantu mahasiswa mengembangkan diri, dan memberikan akses inspirasi dari tokoh-tokoh di luar kampus,” kata Raza Darmawan, Rabu (22/5). Mulai dari kuliah hingga menjadi wirausaha, profesional muda, dan pendiri organisasi nirlaba, yang berdampak pada ratusan pelajar di seluruh Indonesia.”

Salah satu mahasiswa tersebut adalah Brian Aptana Widjaja yang kemudian menjabat sebagai President StudentsCatalyst Bandung pada tahun 2020.

Brian mengambil inisiatif lebih jauh dengan mendirikan Internet, sebuah program mentoring karir yang menghubungkan mahasiswa dengan profesional di berbagai bidang.

Brian memulai Internet karena kurangnya informasi tentang berbagai pilihan karir yang tersedia bagi pelajar Indonesia, serta kurangnya informasi tentang proses seleksi magang, seperti pembuatan resume atau proses wawancara untuk lulus.

“Saya menciptakan Internet dengan misi untuk mendemokratisasi peluang karir dan pengetahuan serta mempertemukan lebih dari 500 profesional muda di Indonesia untuk berpartisipasi sebagai mentor di Internet,” kata Brian.

Ia mengatakan semangat tersebut berujung pada terbentuknya Youth Catalyst Foundation (YCF) pada tahun 2024 yang membawahi tiga lembaga yaitu StudentsCatalyst, Internet dan FlashCampus yang telah melayani lebih dari 147.000 mahasiswa di 21+ provinsi dan 75+ wilayah di Indonesia. Membantu siswa. pelajar Indonesia. dan kampus internasional.

Dengan fokus pada “soft skill”, perluasan jaringan, dan menggali potensi diri, YCF telah bermitra dengan lebih dari 50 perusahaan, termasuk perusahaan multinasional dan pemerintah, untuk membekali mahasiswa dengan kesempatan magang dan kerja penuh waktu.

YCF juga berencana meluncurkan program beasiswa dan inisiatif inovatif lainnya untuk meningkatkan dampaknya.

Dengan dibukanya pendaftaran programnya pada bulan Juni 2024, YCF berharap dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh masyarakat Indonesia (mcr10/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *