Dekranasda Sumsel Juara Umum Mobil Hias di Solo, Agus Fatoni: Persiapan Sudah Maksimal

saranginews.com, SOLO – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Selatan (Sumsel) meraih sederet prestasi dalam acara HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2024 yang digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (5 /16/2024).

Dekranasda Sumsel berhasil menjadi juara umum Lomba Parade Hias, Kriya, dan Budaya Dekranas Tahun 2024.

BACA JUGA: Hadiri Halalbihalal Pegawai Pemprov Sumsel Kata Pj Gubernur Agus Fatoni

Dalam acara tersebut Dekranasda Sumsel menghidupkan parade mobil hias yang menampilkan kemegahan Kerajaan Sriwijaya kepada masyarakat luas.

Dekranasda Sumsel mengirimkan lima mobil hias mewakili Disbudpar Sumsel. Kendaraan tersebut dihias menyerupai gajah yang membawa raja dan ratunya.

BACA JUGA: Jelang Pilkada Serentak 2024, Agus Fatoni Minta Dukungan TNI

Kemudian kendaraan hias Dekranasda Banyuasin menampilkan kapal Sriwijaya, Dekranasda Palembang dengan kendaraan hias rumah limas, Dekranasda OKU dengan kendaraan hias gua harimau, dan Dekranasda Muara Enim.

Selain itu, Dekranasda Sumsel juga berhasil meraih Juara I kategori Stand Terbaik kategori Dekranasda Provinsi se-Indonesia, serta menjadi Juara Umum Stand Terbaik.

BACA JUGA: Pemprov Sumsel Dapat Opini WTP, Agus Fatoni Tawarkan Ini

Plt Ketua (Pj) Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni mengaku bangga dengan berbagai prestasi yang diraih Dekranasda Sumsel.

Menerima penghargaan tersebut secara langsung di Candi Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (18/5/2024).

“Saya mengapresiasi Dekranasda Sumsel. Persiapan kita sudah maksimal, hasil tidak mengkhianati proses. Melalui pameran ini produk UMKM Sumsel pasti akan semakin dikenal,” kata Tyas.

Rangkaian acara HUT Dekranas ke-44 Kota Bengawan yang dilaksanakan pada 14 Mei 2024 dikemas dengan berbagai kegiatan.

Selain acara Syukuran dan pameran kerajinan unggulan Dekranas dan Dekranasda binaan UKM se-Indonesia, juga digelar fashion show, parade kerajinan tangan dan budaya, serta penghargaan stand terbaik.

Sekitar 104 kendaraan hias dan 1.250 peserta dari berbagai daerah baik Dekranas maupun PKK se-Indonesia turut serta dalam parade mobil hias tersebut. Tema yang diusung adalah “Bangga Kerajinan dan Budaya Indonesia”.

Pembina Dekranas Tri Tito Karnavian pun menutup secara resmi seluruh rangkaian acara HUT Dekranas.

Ia berharap acara ini dapat memberikan inspirasi dan semangat baru untuk terus berkarya memajukan industri kerajinan tanah air. 

“Mari kita jaga warisan budaya kita dan kembangkan inovasi kreatif serta pastikan produk lokal kita semakin dikenal dan diapresiasi baik di dalam maupun luar negeri,” ajaknya.

Penutupan acara juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Wali Kota Solo dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Ketua TP PKK Kota Solo Selvi. Ananda dan sejumlah petugas lainnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAGI… Rayakan HUT Sumsel ke-78, Agus Fatoni Jalan-jalan dan Olahraga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *