Tutup MTQ ke-30 Tingkat Provinsi, Penjabat Gubernur Jateng Tergetkan Raih Lima Besar di Tingkat Nasional

saranginews.com, PATI – Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menutup Musabagwah Pengajian Al-Qur’an (MTQ) tingkat provinsi ke-30 di Alun-Alun Kabupaten Pati pada Minggu malam, 28 April 2024.

Nana Sudjana menyerahkan langsung piala dan hadiah kepada para pemenang MTQ ke-30 dari berbagai kategori perlombaan.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Semangati Pemuda MTQ Umat Islam ke-38

Pada pagelaran tersebut, Kota Semarang tampil sebagai juara umum. Berikut wilayah sepuluh besar MTQ-30: Kota Semarang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kudus, Kabupaten Rambang, Kabupaten Keboman, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Porvoorjo, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Magaling.

Kompetisi ini terdiri dari delapan divisi dengan 24 kategori baik putra maupun putri. Pesertanya berjumlah 830 orang dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Baca Juga: Menteri Bahlil dukung MTQ Internasional digelar di Banjarmasin.

“Pelaksanaan MTQ ke-30 di Jawa Tengah sudah terlaksana dengan baik, sukses dan alhamdulillah hasilnya cukup baik. Seusai upacara, Nana Sudjana menyampaikan, “Kami Panitia LPTQ Provinsi mengucapkan terima kasih kepada Pusat Kanwil Kementerian Agama Jawa dan Pemerintah Kabupaten Pati.”

Menurut Nana, acara tersebut juga merupakan kesempatan untuk mempersiapkan MTQ tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada September 2024.

Baca Juga: Chuck Amin Batal Kick-Off Ajang MTQ, Jazeel: Aneh Banget Ajangnya

Pada ajang MTQ nasional sebelumnya, Provinsi Jawa Tengah menduduki peringkat 10 dari 38 provinsi.

“Tahun ini MTQ tingkat nasional dilaksanakan di Kaltim. Targetnya kita masuk lima besar dan ratingnya naik,” kata Nana.

Setelah pelaksanaan MTQ ke-30 tingkat provinsi, akan dibentuk tim khusus untuk mempersiapkan MTQ nasional kedepannya.

Pemenang di tingkat provinsi akan dipilih kembali berdasarkan jumlah kategori yang dipertandingkan di tingkat nasional.

Banyak tingkatan yang bisa kalian hadapi. Tetap rendah hati dan terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan kalian agar bisa lebih baik lagi,” kata Nana. mengharumkan nama Jawa Tengah,” kata Nana.

Sekadar informasi, tema program yang dilaksanakan di Kabupaten Pati pada 25-28 April 2024 ini adalah “Semangat MTQ Mewujudkan Jiwa Muda Qurani Untuk Jawa Tengah yang Lebih Religius”.

Menurut Nana, bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius sebagaimana tertuang dalam sila pertama Pancasila.

Salah satu perwujudan nilai-nilai keagamaan masyarakat Indonesia adalah kecintaan, pemahaman dan pengamalan kitab suci. Kitab suci umat Islam adalah Al-Qur’an.

“Pengenalan MTQ ini memiliki kepentingan strategis untuk melahirkan generasi muda yang memiliki kecintaan terhadap Pancasila dan Al-Qur’an karena mengajak umat Islam untuk mendekatkan diri dan mencintai Al-Qur’an,” kata Nana Sudjana.

Usai pengumuman pemenang dan penutupan MTQ ke-30, dilaksanakan upacara Jeeting Barslawat yang dipimpin oleh Habib Ali Zainal Abid.

Digelar di Alun-Alun Kabupaten Pati, acara tersebut dihadiri ribuan warga, peserta MTQ dan Zahir Mania (jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *