Tegas! Mesir Menolak Tampung Warga Gaza di Sinai

saranginews.com, KAIRO – Mesir kembali menolak rencana Israel merelokasi warga Gaza ke Sinai.

Saluran berita Mesir Al Cairo mengutip pernyataan seorang pejabat senior Mesir pada Rabu (22/5): “Mesir dengan tegas menolak rencana Israel untuk merelokasi warga Gaza ke Sinai.”

Baca juga: Israel Buka Perbatasan dengan Gaza untuk Bantuan Kemanusiaan

Mesir menegaskan tidak akan membiarkan Israel mengejar ambisinya di wilayah Palestina demi kepentingan nasionalnya.

Selain itu, Kairo menuduh Tel Aviv bertanggung jawab mencegah bantuan kemanusiaan memasuki Jalur Gaza yang terkepung.

Baca juga: Indonesia mengutuk keras kejahatan warga Israel di perbatasan Gaza

Sumber itu mengatakan: “Israel akan memeriksa pengumpulan lebih dari 500 truk bantuan Mesir di persimpangan Kerem Shalom, menuduh Mesir mencegah bantuan memasuki wilayah kantong (Palestina).”

Mengenai gencatan senjata antara Israel dan Hamas, sumber tersebut mengatakan peran mediasi Mesir muncul setelah permintaan berulang kali.

Baca juga: Joe Biden Kritik Posisi Netanyahu Soal Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Sumber tersebut mengatakan: “Mesir terkejut bahwa beberapa pihak dengan sengaja melemahkan upaya Mesir untuk mencapai gencatan senjata di Gaza.”

Lebih dari 35.700 warga Palestina tewas dan hampir 80.000 orang terluka sejak Oktober lalu setelah Israel melancarkan serangan balasan terhadap Hamas.

Selama lebih dari tujuh bulan, perang Israel terus berlanjut, dan sebagian besar wilayah Gaza telah hancur akibat pembatasan akses terhadap makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Mahkamah Internasional menuduh Israel melakukan genosida. Pengadilan memerintahkan Israel untuk memastikan bahwa pasukannya tidak melakukan genosida di Gaza dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Gaza. (semut/dil/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *