Sumsel & BIG RI Teken MoU Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial

saranginews.com, JAKARTA – Gubernur Sementara (Sumcel) Sumatera Selatan Agus Fatoni menilai pemanfaatan permukaan bumi dapat dilakukan secara bersama-sama untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, dan kegiatan lain yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan. 

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Agus Fatoni bersama Direktur Badan Penerangan (BIG) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr Muh Aris Marfai, MSc menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pemanfaatan informasi dan data geospasial di Novotel Palembang, Sumatera Selatan, Senin (29 April).

BACA JUGA: Saat Pimpin Perayaan HUT Sumsel, Sekda Supriono Bacakan Pesan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

Kesepakatan kerja sama perencanaan, pengembangan, dan pemanfaatan informasi dan data spasial di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2024-2028.

Beliau menyampaikan: “Iya, hari ini kami menandatangani perjanjian kerjasama antara Pemprov Sumsel dengan BIG Republik Indonesia. Oleh karena itu, perjanjian ini telah diperpanjang untuk tahun kedua perjanjian dalam lima tahun terakhir, yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik Pemprov Sumsel maupun BIG, kata Fatoni.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni angkat bicara soal sumber daya alam Sumsel saat membuka Ekspo Jelajah Sumsel.

Menurutnya, Pemprov Sumsel mendapat manfaat besar dari kerja sama dengan BIG RI, terutama dalam menyusun kebijakan dan keputusan yang harus berbasis informasi dan riset. 

Termasuk mengambil langkah-langkah untuk mewujudkan pembangunan Sumsel, kata Fatoni.

Seperti diketahui, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan peran informasi dan data geografis guna mendukung pengembangan dan pencapaian tujuan “Unified Geoportal”.

Ruang lingkup kerja sama meliputi penyelenggaraan informasi dasar geospasial, pengembangan informasi topografi, pengembangan infrastruktur informasi global, serta pengembangan sumber daya manusia di bidang informasi, struktur dan penggunaan peralatan dan infrastruktur untuk keperluan pendukung. kegiatan antara Pemprov Sumsel dengan BIG RI. (Jepang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *