Merespons Prabowo, Hasto Bicara Cita-Cita Bung Karno Merombak Sistem Internasional yang Anarkis

saranginews.com, JAKARTA – Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto menilai wajar jika Prabowo Subianto, Presiden terpilih RI periode 2024-2029, Soekarno, Herald of Republic of Indonesia, berkata: atau Bung Karno milik seluruh rakyat.

Hasto bahkan menganggap Bung Karno sebagai warga dunia karena putra fajar mempunyai cita-cita besar seperti merombak sistem internasional yang anarkis dan melawan segala macam penindasan di dunia.

BACA JUGA: Bagi Prabowo, Hasto menyebut PDIP paling konsisten menjelaskan ide dan cita-cita Bung Karno

Hal itu diungkapkannya untuk menjawab pertanyaan awak media seusai mendampingi Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mengunjungi pameran seni rupa di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/5).

“Bung Karno bertujuan untuk mengubah sistem internasional yang anarkis menjadi sistem internasional yang mengedepankan kesetaraan antar warga negara, menentang berbagai bentuk penindasan di segala bidang kehidupan, serta mengedepankan kemanusiaan dan keadilan,” kata Hasto dalam keterangannya, Senin. dikatakan.

BACA JUGA: Prabowo Sebut Bung Karno Bukan Anggota Partai Basarah PDIP: Benar

Dikatakannya, Bung Karno juga mempunyai pemikiran yang progresif terhadap masyarakat dunia, sehingga wajar jika presiden pertama RI ini diterima seluruh rakyat.

Bung Karno mengusulkan agar Pancasila menjadi piagam PBB untuk membangun tatanan dunia baru, kata Hasto. dikatakan.

Lulusan Universitas Pertahanan (Universitas Pertahanan) ini mengatakan, PDI Perjuangan sebenarnya merupakan partai yang memiliki sejarah kuat dengan Bung Karno.

Menurut Hasto, PDI Perjuangan berakar dari PNI yang didirikan Bung Karno, partai yang sama selalu menganjurkan kemerdekaan Indonesia.

Apalagi, kata dia, PDI Perjuangan senantiasa menjabarkan gagasan dan cita-cita Bung Karno dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

PDI Perjuangan paling konsisten menjelaskan seluruh pemikiran Bung Karno, terutama yang berkaitan dengan ideologi Pancasila, semangat terwujudnya Trisakti, kata Hasto.

Namun, kata dia, PDI Perjuangan akan terbuka jika ada partai atau kelompok yang merasa melaksanakan atau memperjuangkan cita-cita Bung Karno.

“Jika ada partai lain yang mengikuti pemikiran Bung Karno dengan menjalin hubungan emosional dengan Bung Karno seperti yang dilakukan PDI Perjuangan, ya tentu kami menyambut baik,” kata Hasto. (ast/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *