Lindungi Keanekaragaman Hayati, SBI Alokasikan Separuh Area Pabrik Cilacap sebagai Hutan Kota

saranginews.com, CILACAP – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI), sebagai anak usaha SIG, telah menetapkan lebih dari separuh lokasi pabriknya di Cilacap sebagai hutan kota, rumah bagi beragam flora dan fauna untuk melindungi keanekaragaman hayati.

Hutan kota hasil Pabrik SBI Cilacap terletak di Jl. Ir. H Juanda, Desa Karangtalun, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Baca Juga: Anak Perusahaan SIG Raih Penghargaan BUMN Entrepreneurial Marketing 2024

Luas hutan tersebut mencapai 64 hektar (ha) atau 54,2% dari total luas pabrik perseroan yang mencapai 118 hektar.

Di sini terdapat 200.000 jenis tanaman, antara lain pohon trembaceae, mahoni, bayur, laban dan sengon-buto sebagai penyerap CO2, tanaman buah-buahan seperti kelengkeng, jambu kristal, jambu demak dan durian.

Baca Juga: Bersiaplah! TASPEN akan mencairkan gaji pada tanggal 13, catat tanggalnya

Kawasan hutan kota seluas 10 hektar juga dijadikan kawasan lindung pohon meranti di Kalimantan dan Sulawesi.

Sekretaris Perusahaan SIG Vita Mahareni mengatakan perlindungan keanekaragaman hayati merupakan salah satu prioritas SIG yang diatur dalam SIG Sustainability Road Map 2030.

Baca Juga: UNESCO Jadikan Arsip Pabrik Indarung 1 Wiriya Padang Sebagai Monumen Dunia Asia Pasifik

“Keberadaan Hutan Kota Pabrik SBI Cilacap menunjukkan komitmen SIG Group dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di Indonesia. “Hutan kota ini tidak hanya menjadi tempat keanekaragaman hayati di sekitar lokasi pabrik, namun juga berperan sebagai kawasan penyerapan air, penyerapan karbon, dan penghasil oksigen, sehingga berkontribusi terhadap estetika kota.”

Hutan kota juga memiliki koloni rusa timor (Cervus timorensis) yang dilindungi.

Pembibitan dilakukan SBI bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah. Saat ini jumlah rusa timor yang berada di hutan kota pabrik SBI Cilacap meningkat dari 12 ekor pada tahun 2012 menjadi 40 ekor.

Kondisi hutan kota yang lestari memungkinkan hewan lain seperti ayam hutan, burung, dan mamalia lainnya berkembang biak secara alami.

Konservasi Nusakambangan Pabrik SBI Cilacap juga melakukan konservasi keanekaragaman hayati dengan menanam pohon asli (endemik Nusakambangan) di area penambangan batu kapur di Pulau Nusakambangan dan menyediakan rumah pembibitan di seluruh area pasca penambangan.

Pabrik SBI Cilacap juga melakukan penanaman 9.500 pohon mangrove Rhizophora mucronata di kawasan pesisir Nusakambangan pada tahun 2023, serta Pelahlar, flora endemik Nusakambangan yang masuk dalam kategori terancam punah menurut IUCN Red List.

Dipterocarpus littoralis atau Nusakambangan Pelahler juga ditanam di kawasan konservasi dan restorasi dan merupakan spesies konservasi penting untuk pabrik SBI Cilacap di Nusakambangan.

“SIG yakin keanekaragaman hayati dapat dilestarikan, terutama di wilayah operasi. “SIG dan seluruh unit bisnisnya berkomitmen untuk lebih mendorong pelestarian keanekaragaman hayati sebagai warisan bagi generasi mendatang dan menciptakan kehidupan yang lebih baik saat ini dan di masa depan,” kata Vita (chi/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *