Ikatan Alumni SMAN 8 Jakarta Gelar Turnamen Golf Antaralumni SMA se-Jabodetabek Piala Kemenpora dan Piala IAS

saranginews.com, Jakarta – Turnamen golf antar lulusan perguruan tinggi sudah biasa, begitu pula turnamen golf antar komunitas. Namun turnamen golf alumni SMA ini baru pertama kali diselenggarakan dan Ikatan Alumni (IAS) SMAN 8 Jakarta menjadi pionir ajang tingkat alumni SMA ini.

Presiden IAS Jenderal TNI Letjen TNI (Purn) M Herindra, Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Herindra juga akan meresmikan turnamen tersebut di Sentul Highland Golf Club (SHL) pada Sabtu. 25/5/2024).

Baca juga: Dengan Lebih dari 500 Dokter, DAS SMAN 8 Ada Halalbihalal di Jakarta

Turnamen ini akan diikuti 144 peserta, termasuk 12 siswa SMA aktif sebagai junior development.

Hal itu diungkapkan CEO SMA Ruri W Widjaja Turnamen Golf Antar Alumni dalam siaran persnya, Rabu (22/05/2024) di Sekretariat IAS di Kawasan Perumahan Gudang Peluru, Jakarta Selatan.

Baca juga: Rayakan HUT DAS ke-2, Lulusan Kedokteran Smandel Jakarta Lakukan Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan

Dalam siaran pers tersebut, Ruri didampingi Wakil Ketua Umum IAS Mahendra dan beberapa pengurus IAS lainnya termasuk Sekretaris Jenderal Devi Elina dan Bendahara Nana Mahfudin.

Selain itu, Ruri mengatakan turnamen tersebut akan mempertandingkan Piala Pemuda dan Olah Raga Indonesia dan Piala IAS.

Baca Juga: Ikatan Alumni Smandel Selenggarakan HalalbiHalal Bercitarasa Betawi

Turnamen ini dibagi menjadi tiga divisi dan diikuti oleh lulusan SMA se-Jabodetabek. Memanggil siswa non-Jabodetabek dan SMA se-Jabodetabek.

Menurut Ruri, SMAN 8 berhasil meraih Juara Umum Lulusan SMA Piala Kemenpora pada Turnamen Golf Alumni SMA Tahun 2021 yang digelar di Zagorawi Golf & Country pada Minggu, 28 Maret 2021.

“Jadi IAS dan Delago (alumni Smandel Golf Club) ingin meneruskan budaya silaturahmi, networking, silaturahmi, kompetisi golf antar lulusan SMA se-Jabodetabek,” ujarnya.

Sekelompok lulusan SMA dan pelajar dari SMAN 8 Jakarta, SMAN 1 Jakarta, SMAN 3 Jakarta, SMAN 4 Jakarta, SMAN 6 Jakarta, SMAN 30 Jakarta, SMAN 34 mengikuti turnamen golf antar lulusan SMA se-Jabodetabek.

Kemudian SMAN 39 Jakarta, SMAN 54 Jakarta, SMAN 68 Jakarta, SMAN 3 Bandung, SMA Tarbak Bandung, SMAN 1 Bogor, SMAN 3 Yogyakarta, SMAN 8 Tangsel, SMAKBo, SMA Muhammadiyah, STM Lab-Penerbangan, SMAMANGU. , SMA Cahaya Beacon, Anak Yaro, Santa Laurentia, Titian Teras Jambi dan lain-lain.

Selaku ketua penyelenggara turnamen, Ruri mengungkapkan bahwa turnamen tersebut tidak mempekerjakan event organizer atau EO, melainkan diselenggarakan oleh alumni yang sudah memiliki komunitas golf yaitu Delago dengan bantuan tim SHL.

“Delago berdiri 3 tahun lalu, memiliki 140 alumni dan sering menyelenggarakan kegiatan, sebelumnya hanya alumni perorangan yang senang bermain golf,” ujarnya.

Penggalangan dana untuk alumni dan tujuan sekolah

Wakil Ketua IAS Mahendro mengatakan, kegiatan turnamen golf antar lulusan SMA ini diselenggarakan IAS untuk menggalang dana atau dana bagi kepengurusan IAS periode tetap 2023-2027 pada akhir tahun lalu.

Dana yang terkumpul dari turnamen ini akan digunakan untuk kepentingan kegiatan alumni selama empat tahun ke depan serta untuk keperluan sekolah.

“Dewan IAS yang baru tidak memiliki cukup dana untuk menyelenggarakan banyak program, sehingga menyelenggarakan turnamen golf merupakan cara yang sangat efektif untuk menggalang dana,” kata Mahendro.

Mahendro menambahkan, pengurus IAS 2023-2027 mempunyai beban moral untuk membantu alumni baik dalam bentuk kegiatan maupun manfaat alumni lainnya.

Selain itu juga untuk keperluan sekolah. “Kami sudah mendapat banyak informasi apa saja yang bisa dilakukan IAS untuk membantu sekolah, namun prioritas kami tetap lulusannya dulu baru sekolahnya,” kata Mahendro (Jumat/jpnn).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *