FISIP UPNVJ Gelar Seminar Literasi Politik kepada Gen Z

saranginews.com, Jakarta – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNVJ) Jakarta menggelar seminar nasional tentang urgensi pengetahuan politik bagi pemilih muda yang merupakan salah satu Generasi Z.

Seminar daring dan luring ini digelar menyambut Pemilihan Umum (Pilkada) September 2024.

Baca Juga: FISIP UPN Veteran Jakarta & UiTM Laksanakan Kolaborasi Dua Sekolah

Kegiatan Pentahelix FISIP UPNVJ merupakan kerjasama antara organisasi lain seperti Bawaslu, Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI), Lembaga Survei Indodata dan Okeson.

Menurut Musa Maliki, Wakil Dekan dan Ketua Komite Kerja Sama FISIP UPNVJ, Generasi Z mempunyai peranan penting dalam menentukan masa depan pembangunan negara.

Baca Juga: Direktur Indopolin: Duet Marzuki-Rizma Berpeluang Kalahkan Khofifa-Emil

“Melalui seminar ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya menjadi pemilih yang cerdas dan kritis,” ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers, Selasa (21/5).

Musa berharap langkah ini menjadi peluang untuk berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam bidang politik.

BACA JUGA: Penyanyi Nayunda Nabila Jadi Anggota Kehormatan SYL, Ini Gajinya, Hmm

“Dengan pemilih yang cerdas, diharapkan pemilukada 2024 bisa lebih baik, mencari pemimpin daerah yang kompeten dan jujur,” kata Musa.

Komisioner Bawaslu Jakarta Selatan Andy Maulana menjelaskan pentingnya organisasi pemantau pemilu dalam memantau pesta demokrasi seperti pemilukada.

“Peran Bavaslu adalah melindungi demokrasi, terutama dalam memastikan sistem regional yang adil dan adil,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya partisipasi aktif generasi muda dalam pengawasan pemilu, serta pemilihan calon yang jujur ​​dan berkualitas untuk memimpin.

Sementara itu, CEO Okeson Budi Santosh menyoroti peran media dalam membentuk opini publik dan meningkatkan pengetahuan politik masyarakat.

“Media mempunyai kekuatan yang besar dalam membentuk opini masyarakat dan opini politik, sehingga penting untuk menggunakan informasi dari sumber yang dapat dipercaya dan kritis terhadap berita yang diterima,” ujarnya.

Budi mengajak Gen Z untuk berinisiatif mencari informasi akurat dan obyektif tentang agen lokal.

Danis Tri Saputra Wahidin, analis politik dari FISIP UPNVJ, mengatakan generasi harus mempersenjatai diri dengan informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan politik yang tepat.

“Pemilih yang cerdas adalah pemilih yang berdasarkan informasi dan data yang akurat. Kajian dan data penting bukan hanya untuk pendidikan, tapi untuk seluruh pemilih,” ujarnya (gemuk/jpnn) Pernahkah Anda melihat video terbaru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *