Bicara di Kampus Singapura, RK Ungkap Alasan Indonesia Pindah Ibu Kota

saranginews.com, SINGAPURA – Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima undangan untuk menyampaikan kuliah umum di National University of Singapore (NUS) pada Senin (20/5).

Komisioner Pembangunan Ibu Kota Indonesia (IKN) menyoroti judul Menteri Membangun Janji Utopis: Membangun Ibu Kota Baru Indonesia dalam kuliah umum.

Baca Juga: RK Sebut Fasilitas Penunjang HUT RI ke-79 di IKN Sudah Tuntas

RK atau akrab disapa Kong Emil banyak berdiskusi tentang gagasan Indonesia dan keputusan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Memberikan kuliah umum pada pukul 18.30 waktu Singapura, ia menjelaskan sejarah, rencana dan kebijakan pemindahan ibu kota.

Baca Juga: Pilgub Jabar 2024: Mohamed Idris Takut Hadapi Ridwan Kamil

Saya katakan bagaimana ide pemindahan ibu kota ini berasal dari zaman Belanda hingga berhasil dilaksanakan oleh Presiden Jokowi, kata Ridwan Kamil.

Menurut RK, pemindahan ibu kota Indonesia tidak hanya menarik perhatian pemerintah dalam negeri, tapi juga perhatian internasional.

Baca Juga: Pilkada Tukar Provinsi 2024: Rafi Ahmed Berpasangan dengan Ridwan Kamil

Ia menyatakan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur sudah menjadi kebutuhan demi pemerataan pembangunan di Indonesia.

Mantan Wali Kota Bandung ini menilai pemerintah Indonesia terus berupaya melakukan pemerataan pertumbuhan.

“Sehingga pemerintah Indonesia memutuskan untuk memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur,” jelas RK.

Ridwan Kamil menjelaskan, Indonesia tidak sembarangan dalam membangun IKN karena pemerintah melakukan kajian komprehensif dan diawasi secara ketat.

Menurutnya, kualitas pengembangan IKN benar-benar terjaga karena tujuannya menjadikan IKN kota kelas dunia.

Selain itu, pengembangan IKN juga memasukkan konsep kota hutan dan kota berkelanjutan.

IKN didorong menjadi salah satu kota terhijau di Indonesia seiring pembangunan berlangsung tanpa menghilangkan jati diri asli Kalimantan sebagai paru-paru dunia.

Perkembangan IKN terus mengalami kemajuan dan pemerintah Indonesia berharap dapat mulai memindahkan modal pada tahun ini.

Pemerintah telah memilih IKN sebagai lokasi HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

“Kami menyadari IKN sangat penting bagi Indonesia, IKN menjadi perhatian global. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia sangat serius membangun IKN,” pungkas Ridwan Kamil. (ast/jpnn) Ayo tonton juga video ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *