Vasanta Group Terapkan Ekonomi Hijau Lewat Program Daur Ulang Pakaian

saranginews.com, Jakarta – Industri tekstil diperkirakan menghasilkan 3,9 juta ton sampah pada tahun 2030, menurut laporan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPNAS) tahun 2021.

Dalam upaya mengurangi limbah tekstil di masa depan, Vasanta Group telah meluncurkan program The Renew Threads, atau penggunaan kembali pakaian secara tepat.

Baca juga: Vasanta Group Resmikan Penataan Pencahayaan Cantik di Senopati Depok Boulevard

Program tersebut telah berjalan sejak triwulan I tahun 2023, dimana seluruh karyawan berkumpul untuk berkumpul.

Kemudian berkembang menjadi kumpulan mainan dan perlengkapan rumah tangga yang masih dapat digunakan dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: Vasantha Group dan Beam Wang Berkolaborasi untuk Kota Depok

Sebanyak 1.300 item berupa pakaian berbagai jenis dan ukuran, buku, mainan dan perlengkapan rumah tangga pilihan didistribusikan oleh Clothes for Charity pada tanggal 21 Mei 2024 untuk dijual kembali.

Hasil penjualan akan digunakan untuk membiayai biaya operasional pendidikan anak-anak kurang mampu serta anak yatim dan dhuafa, dengan dukungan dari Yayasan Gemilang Indonesia.

Baca juga: Vasantha dan Bankwori Saat Ini Eco-Town KPR Sawangan

Nicholas Home, CEO Vasta Group, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Selasa (21 Mei) bahwa “program ini dilaksanakan secara internal dan sangat diapresiasi oleh seluruh staf.”

Dengan keberhasilan program ini dan antusiasme seluruh pemangku kepentingan, Vasanta Group berencana untuk lebih mengedepankan pengelolaan lingkungan, praktik produksi yang etis, dan keterlibatan masyarakat.

“Program ini akan kami lanjutkan dengan fokus pada solusi berkelanjutan, terutama yang terkait dengan lini bisnis kami, tren pasar, dan perkembangan teknologi,” jelasnya.

Sementara itu, Presiden Yayasan Gamelang Indonesia Mohammad Noor Aziz menyambut baik kelas acara amal yang diselenggarakan oleh Wasanta Group tersebut.

“Program ini memiliki banyak manfaat, mulai dari pengurangan limbah tekstil hingga membantu pemberdayaan masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya. (jlo/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *