Progres Penyediaan Listrik di IKN Dipastikan Lancar

saranginews.com, KALTIM – Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Ibu Kota Negara Republik Indonesia (IKN) dipastikan berjalan lancar sesuai rencana.

Hal ini dilakukan Direktur Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jisman P. Hutajulu.

Baca juga: Saat Upacara HUT ke-79 RI di IKN, RK Sebut Fakultas Pendukungnya Sudah Lengkap.

“Salah satu infrastruktur di IKN adalah listrik. Ini penting sekali, tanpa listrik tidak ada yang bergerak di sana,” kata Jisman dalam keterangannya, Senin (6/5).

Menurut Jisman, penyiapan infrastruktur ketenagalistrikan mulai dari sungai hingga hilir harus dikembangkan agar mitigasi risiko dapat segera disesuaikan dengan permasalahan yang muncul.

BACA JUGA: Pemerintah Belanda dan investor mulai melirik proyek IKN

Ketersediaan listrik sebagai salah satu infrastruktur utama pendukung pembentukan IKN diharapkan dapat segera selesai sesuai konsep yang diusung IKN, kata Jisman.

Jisman mengingatkan, PLN dan Pertamina memiliki kontrak infrastruktur ketenagalistrikan yang harus dilaporkan PLN setiap tiga bulan.

Selain itu: IKN menerapkan sistem pelanggan cerdas dengan prinsip keberlanjutan

“Saya berharap dengan kedatangan kami ke depan, ada laporan yang lebih detail dari Menteri ESDM, sehingga keraguan atau pengawasan terhadap pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan lancar,” kata Jisman.

Sementara itu, Direktur Distribusi PT PLN (Persero) Adi Priyanto mengatakan pihaknya akan melaporkan secara khusus kondisi terkini dan proyeksi ketenagalistrikan hingga akhir tahun 2024 dan seterusnya.

Adi mengatakan, tantangan PLN saat ini adalah kesiapannya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

“Misalnya bulan Juli Kantor Presiden sudah bekerja, tentu akhir Juni harus sudah siap memasok ke sana,” kata Adi.

General Manager PLN UID Kalimantan dan Kaltimra Utara (Kaltimra), Agung Murdifi mengatakan, pertumbuhan listrik di wilayah Kaltimra cukup tinggi, tidak hanya di IKN, tapi juga di sekitarnya.

“Peningkatan permintaannya sebesar 127% dibandingkan tahun lalu. Saya berharap kabar ini bisa memacu pertumbuhan listrik di Kaltimra,” kata Agung. (jlo/jpnn) Sudah lihat video terbaru ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *