Pertamina Renjana Cita Srikandi, Wujud Komitmen Memajukan Peran Perempuan Indonesia

saranginews.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) berkomitmen mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia.

Hal itu dicapai melalui acara Pertamina Renjana Cita Srikandi yang berlangsung di Dome Seniyan Park, Jakarta pada Sabtu (18/5).

Baca juga: Pertamina International Shipping Perkuat Posisi Indonesia di Kancah Industri Maritim Dunia

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan festival akbar pemberdayaan perempuan ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam mendukung dan memajukan peran perempuan di berbagai bidang.

Menurut Nicke, kegiatan yang bertajuk “Energizing You Elevating Each Other” ini bisa menjadi tonggak sejarah dalam menciptakan kesetaraan dan pemberdayaan perempuan Indonesia agar mampu memiliki bekal yang kuat dan bermanfaat bagi lingkungannya.

Baca juga: Pertamina Sukses Kelola Blok Migas Raksasa Simbol Kebangkitan Energi Nasional

Ia berharap melalui Pertamina Renjana Cita Srikandi, perempuan Indonesia dapat terlibat untuk meningkatkan kompetensi dan bekerja sama.

“Sehingga kita bisa menjadikan perempuan Indonesia lebih tinggi dan berkarakter global guna mengoptimalkan peran perempuan dalam pembangunan berkelanjutan dan inklusif,” kata Nike dalam keterangan resminya, Senin (20/5).

Baca juga: Bunuh Lima, Pertamina Ajak Seluruh Petugas Sehat dengan Berlari

Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini menambahkan melalui kegiatan ini, Pertamina juga ingin menyampaikan pesan bahwa perusahaan berkomitmen mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), salah satunya tentang pemberdayaan perempuan.

“Pertamina sebagai korporasi berdedikasi menjaga keberlanjutan dalam kaitannya dengan lingkungan, masyarakat, dan tata kelola yang baik,” tegas Emma.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Komunikasi Pertamina Corporation Fadjar Djoko Santoso menegaskan, Pertamina berkomitmen meningkatkan peran perempuan dalam kemajuan sektor energi.

Menurut Fadjar, kegiatan tersebut juga sejalan dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 dengan memberdayakan peran perempuan sebagai pilar perubahan pembangunan negara menuju masa emas. Indonesia.

“Kegiatan ini juga merupakan dukungan Pertamina agar perempuan Indonesia bangkit meningkatkan keterampilannya dan menjadi agen perubahan bagi Indonesia,” jelas Fadjar.

Fadjar menambahkan, kegiatan tersebut sejalan dengan kebijakan Kementerian BUMN yang mendorong target persentase perempuan untuk mengisi posisi strategis yang sebelumnya ditetapkan Kementerian BUMN yakni 25 persen.

“Di Pertamina kami berupaya mencapai target 25 persen tersebut, melalui beberapa strategi, salah satunya melalui program Pertiwi yang bertujuan untuk mengoptimalkan peran perempuan agar bisa menjadi pemimpin masa depan,” jelasnya.

Dikatakannya, berbagai posisi strategis diisi oleh perempuan, antara lain Presiden dan Chief Financial Officer Pertamina, serta direktur perempuan di sub-properti dan anak perusahaan.

Pertamina Renjana Cita Srikandi merupakan festival pemberdayaan perempuan Indonesia yang mengangkat tema energizing, uplifting mutual.

Ajang tersebut merupakan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi perempuan Indonesia secara individu dengan saling bekerjasama untuk memajukan peran perempuan Indonesia di mata dunia.

Acara ini menyuguhkan berbagai suguhan yang sangat menarik.

Mulai dari talkshow dengan narasumber berkompeten, pameran UMKM, hingga penampilan artis ternama.

Pertamina sebagai perusahaan terdepan di bidang transisi energi berkomitmen mendukung tujuan net zero emisi 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasional Pertamina. (mrk/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *