Peringati Hari Buruh, 50 Ribu Massa Padati Kawasan Patung Kuda

saranginews.com, Jakarta – Sekitar 50.000 pekerja berdemonstrasi di kawasan Patung Kuda Jakarta pada Rabu (1/5) untuk merayakan Hari Buruh atau May Day.

Pantauan saranginews.com, massa mulai berdatangan ke kawasan patung kuda. 09.00 WIB.

Baca Juga: Waspadai Kelompok Kisruh yang Menyusup ke Demonstrasi Buruh

Ketua Umum Partai Buruh yang juga Ketua Umum Konferensi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan Mei 2024 akan diselenggarakan di ratusan kota industri di Indonesia.

“May Day akan diikuti lebih dari 200.000 orang di seluruh Indonesia, antara lain Jakarta, Bandung, Serang, Surabaya, Semarang, Batam, Makassar, Banjarmasin, Ternate, Mimika, dan lain-lain,” kata Iqbal.

Baca Juga: Partai Buruh Sebut: Penghitungan di Tingkat Distrik Harus Dilanjutkan

Ada dua tuntutan utama peserta May Day 2024 di seluruh Indonesia, yakni Omnibus UU Cipta Kerja dan ‘HOSTAM’ (penghapusan outsourcing dan penghapusan upah rendah).

“Penggunaan outsourcing dan contracting tersebar luas di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Wanita Dibunuh, Jenazah Dimasukkan ke Koper, Identitas Terungkap

Menurut dia, berdasarkan Undang-Undang Cipta Kerja, kebijakan pengupahan di Indonesia adalah kebijakan upah rendah.

“Sekitar empat tahun lalu, pertumbuhan upah selalu lebih rendah dibandingkan inflasi. Faktanya, di banyak kota industri, pertumbuhan upah nol persen,” kata Iqbal.

Dikatakannya, pada tahun 2024 terjadi kenaikan gaji sebesar 1,64 persen di Kabupaten Tangerang, Kabupaten Bekasi sebesar 1,59 persen, dan Kabupaten Karawang sebesar 1,57 persen.

Kenaikan tersebut lebih rendah dibandingkan laju inflasi tahun 2024 sebesar 2,8 persen dan laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen, pungkas Iqbal. (mcr8/jpnn)

Baca artikel lainnya… CCTV menangkap sosok pria pembunuh bidan di Kelapa Gading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *