Paiton Energy Hadirkan PLTS Atap di SMKN 54 Jakarta, Ramah Lingkungan 

saranginews.com, Jakarta – PT Paiton Energy (PE) menghadirkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) rooftop di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 54 Jakarta.

PE menyediakan 20 pembangkit PLTS rooftop berkapasitas 10 kWp di SMKN 54 Jakarta, menyediakan energi ramah lingkungan dan sangat rendah karbon dalam bentuk fotovoltaik surya (photovoltaics).

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga Pamer ke Ganjar: Anak Saya Lulus SMK Jateng Sekarang Jadi Tentara Pak

Presiden Direktur PT Paiton Energy, Fazil Erwin Alfitri mengatakan Solar School PV merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan sebagai salah satu cara penerapan konsep lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Ya

Hal ini juga mendukung Paiton Energy dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Baca juga: Perta Arun Gas Adakan Pelatihan Menjahit dan Memasak di SMKN 2 Lhokseumawe

“Perusahaan meyakini pendidikan dan lingkungan yang sehat merupakan landasan penting bagi pembangunan berkelanjutan,” kata Fazil Erwin Alfitri, Rabu (22/5). Ya

Dia menjelaskan, PE membangun atap PLTS di SMKN 54 Jakarta sebagai bagian dari dukungan perusahaan terhadap rencana pemerintah Indonesia untuk meningkatkan penggunaan energi terbarukan dan mengurangi emisi karbon. Ya

Baca juga: Ganjar Pindah ke Rumah Waidah yang Direnovasi Lulusan SMK Jateng

Juga mendukung rencana khusus Pemda DKI Jakarta untuk mendirikan sekolah bebas karbon sebagai bagian dari mendukung tujuan Jakarta menjadi kota bebas karbon pada tahun 2050 (net-zero emisi).

Pengembangan tersebut dinamakan Solar School Photovoltaics.

PLTS atap tersebut mampu mengalirkan listrik hingga 10 kW untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari SMKN 54 Jakarta. Ya

“Selain itu, PLTS ini dapat menurunkan emisi karbon dioksida sebesar 0,68 ton per bulan atau setara dengan menanam pohon,” jelas Fazil Erwin Alfitri. Ya

Bambang Jiwantoro, Direktur Hubungan Eksternal PT Paiton Energy, mengatakan kehadiran PLTS Atap SMKN 54 diharapkan dapat mendorong siswa dan sekolah untuk berpartisipasi aktif dalam upaya mendorong sumber energi terbarukan (EBT) dan pemanfaatan kelestarian lingkungan partisipasi aktif dalam mengurangi pencemaran lingkungan yang menyebabkan emisi karbon.

“Pemanfaatan PLTS di sekolah merupakan langkah nyata dalam menciptakan masa depan berkelanjutan dan mitigasi perubahan iklim,” kata Bambang Jiwantoro.

Sementara itu, Hamidah Nasir, Kepala SMKN 54 Jakarta, mengatakan donasi yang diberikan Paiton Energy tidak hanya sekedar dukungan materi tetapi juga merupakan investasi besar bagi masa depan pendidikan dan lingkungan sekolah.

“Kami berkomitmen untuk menjaga dan memanfaatkan PLTS atap ini semaksimal mungkin dan kami berharap dapat menjadi contoh yang baik bagi sekolah lain dan masyarakat sekitar,” kata Hamidah Nasir.

Mohamad Wafirul Hadi, Bidang Kesiswaan dan Direktur Sinergi (Studio Konservasi Energi) SMKN 54 Jakarta, mengatakan atap PLTS ini akan digunakan sebagai sarana untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya konservasi energi dan perlindungan lingkungan. (esy/jpnn) Yuk tonton juga video ini!

Baca artikel lainnya… Suatu kehormatan memiliki Yudhoyono di rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *