Kementan Mengajak Masyarakat Mengenali Tanah Sebelum Tanam

saranginews.com – Jakarta – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman selalu meminta para kepala sektor pertanian di semua tingkatan untuk ikut serta dalam percepatan sistem produksi tanaman.

Mentan mengatakan dengan perbaikan hasil panen maka produksi dapat ditingkatkan dan impor dapat dikurangi.

Baca Juga: Menteri Pertanian Amran Himbau Petani Percepat Musim Tanam Saat Musim Hujan

Menteri Pertanian, Amran mengatakan, harus turun ke sawah agar semua orang bisa segera menanam tanamannya.

Syarat pertumbuhan tanaman yaitu kajian cara penggunaan lahan, seperti yang dijelaskan Menteri Pertanian dan Menyapa Penyuluh Petani (MSPP) Jilid 14 yang bertajuk “Mari Kita Fa Diyona”.

Baca Juga: Kementan perkuat aktivitas manusia dan sumber daya jelang musim tanam.

MSPP Jilid 14 dilaksanakan pada Jumat (17/5) di gedung AOR Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

Dedi Noorsyamsi, Direktur BPPSDMP selaku asisten, mengatakan tanah subur adalah tanah yang dapat menyediakan unsur hara dan unsur hara mikro dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: Kementerian Pertanian Sediakan Pupuk untuk Musim Panen

“Pedoman unsur hara tanah yang baik untuk tanaman adalah pH yang netral atau 5,5 hingga 7,0. Yang baik adalah yang benar dan benar adalah pH netral,” ujarnya.

Dedi menjelaskan, tanah subur adalah tanah yang mempunyai jumlah tanah yang banyak yang menghasilkan aktivitas mikroba, dimana mikroba dapat menyebarkan tanah, mengikat N di udara, dan melarutkan unsur hara makro atau mikro. Selain menghasilkan asam humat dan fulvat serta menciptakan struktur tanah yang baik.

“Mikroba berperan dalam pengendalian faktor tanaman, sedangkan mikroba berperan sebagai bioremediasi yang artinya kemampuan memecah atau mengubah zat berbahaya menjadi bentuk yang tidak berbahaya dan mematikan,” ujarnya.

Dedi menambahkan, praktik pengelolaan tanah antara lain melakukan reklamasi tanah dengan terlebih dahulu menstabilkan kondisi oksigen dan air dalam tanah dengan pemberian biochar pada tanah.

Oleh karena itu, nutrisi tanah yang tepat diupayakan dengan menyediakan berbagai jenis pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman dan kesuburan tanah, sehingga keseimbangan unsur hara dalam tanah tetap terjaga dalam keadaan baik dan baik untuk pertumbuhan tanaman.

Aktivitas mikroba tanah tinggi jika air dan udara cukup, bahan organik sebagai sumber karbon dan energi, serta tidak ada bakteri dan racun, kata Deddy. (*/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *