Di Hadapan Peserta Forum Internasional, Menteri AHY Usul Pembentukan Badan Air Nasional

saranginews.com, BALI – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengusulkan pembentukan Badan Air Nasional.

Hal tersebut diungkapkan langsung Menteri AHY saat memberikan sambutan pada International Forum on Local and Regional Government dalam rangkaian World Water Forum (WWF) 2024 di Nusa Dua, Bali, Rabu (22/5/2024).

BACA JUGA: Launching 4 Unit di Bali, Kementerian AHY: Harapannya Dongkrak Semangat Investasi.

“Pemerintah pusat harus membentuk badan yang mempunyai kekuasaan dan kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan kebijakan, rencana dan program terkait pengelolaan air,” kata Menteri ATR/Kepala BPN.

Menurut Ketua Umum, pimpinan Partai Demokrat Indonesia bisa belajar dari pengalaman negara lain yang memiliki lembaga serupa.

BACA JUGA: Menteri AHY Yakinkan Investor Hak Atas Tanah

“Kita bisa belajar dari hal-hal baik yang dilakukan negara lain yang memiliki organisasi serupa seperti Kanada, Arab Saudi, dan Afrika Selatan pada awal tahun ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, Badan Air Nasional bermaksud mengatasi ancaman serius krisis air.

BACA JUGA: Hadiri Pembukaan WWF, Menteri AHY: Indonesia Harus Mulai Hemat Sumber Daya Air.

Perusahaan harus fleksibel dan mudah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan terkait pengelolaan air, terutama pencegahan dan pengurangan permasalahan air.

“Bisnis ini harus mampu mengatasi permasalahan utama dunia usaha dan konflik kepentingan antar pemangku kepentingan,” kata Menteri AHY.

Selain itu, Menteri ATR/Kepala BPN menegaskan, dengan kepemimpinan yang baik, departemen harus mampu memperkuat upaya dan kerja sama sektoral untuk mencapai tujuan.

“Air untuk Kesejahteraan Bersama,” kata Menteri AHY. (ddy/jpnn)

Baca artikel lainnya… Setelah dari Amerika, Menteri AHY melanjutkan ke Bali untuk menghadiri World Water Forum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *