Cuaca Hari Ini, BMKG Memprakirakan Hujan Mengguyur Mayoritas Kota Besar Indonesia

saranginews.com – Jakarta – Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca hari ini untuk Selasa 21 Mei 2024. BMKG memperkirakan hujan akan turun di sebagian besar kota besar di Indonesia hari ini.

Berdasarkan informasi dari laman resmi BMKG di Jakarta, Selasa (21/5), hujan disertai petir diperkirakan terjadi di beberapa kota seperti Banda Aceh, Palembang, Bandar Lampung, Bandung, Pontianak, dan Banjarmasin.     

Baca Juga: BMKG Jelaskan Gempa Magnitudo 5,3 di Malang

Sementara curah hujan sedang diperkirakan terjadi di Medan, Tanjung Penang, Kendari, Ambon, dan Ternate dengan suhu udara antara 23-32 derajat Celcius dan kelembapan antara 70-100 persen.

Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di beberapa kota seperti Padang, Pekanbaru, Jambi, Pangkal Pinang, Serang, Palangkaraya, Gorontalo, Manado dan Manokwari.

Baca juga: Peringatan BMKG Supadio Pontianak: Waspadai Kemungkinan Cuaca Buruk

Kondisi berawan juga diperkirakan terjadi di banyak tempat antara lain Bengkulu, Samarinda, Mataram, Mamuju, Makassar, dan Jayapura.

Sementara cuaca cerah dan berawan diperkirakan terjadi di Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Tarakan, dan Kupang.

Baca Juga: Cek Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini, BMKG: Kemungkinan Hujan disertai Badai Petir, Waspada

Berdasarkan prakiraan BMKG, angin di Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dan tenggara dengan kecepatan angin berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam.

Di Laut Banda, Laut Arafuru selatan Samudera Hindia dari Nusa Tenggara Timur hingga Banten, kecepatan angin meningkat hingga lebih dari 25 knot sehingga mampu meningkatkan tinggi gelombang di sekitar perairan tersebut.

Suhu udara umumnya antara 20 hingga 34 derajat Celcius dan kelembapan antara 55 hingga 100 persen.

Ketinggian permukaan di Indonesia umumnya antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspadai kemungkinan terjadinya air pasang di sepanjang pantai utara Jawa Tengah, kata prakiraan cuaca BMKG Sindhi Inda Pratiwi. (Antara/JPNN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *