6 Khasiat Air Rebusan Jeruk Nipis Campur Serai yang Bikin Wanita Ketagihan Mengonsumsinya

saranginews.com, Jakarta – Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang rasanya pahit.

Namun, Anda jangan pernah meremehkan manfaat buah ini untuk tubuh.

Baca juga: 6 Manfaat Daun Jeruk Dapat Membantu Menyembuhkan Penyakit Ini

Pasalnya lemon mengandung synephrine, asam sitrat, asam amino, cadinene, lysine, fosfor, kalsium, zat besi, sulfur, glikosida, asam sitrat, limonene, kapur barus, vitamin B1, protein, dll.

Selain itu serai juga banyak mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, C, B1, B5, B2, B3, B6 dan banyak mineral seperti zat besi, seng, kalsium, kalium, magnesium, mangan, tembaga, fosfor dan lain-lain.

Baca juga: 3 Bahaya Terlalu Banyak Makan Air Bayam, Risiko Penyakit Ini Meningkat

Nah, masih banyak manfaat jeruk nipis dan serai yang bisa Anda peroleh jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk minuman atau mengekstraknya.

Berikut penjelasannya seperti dilansir laman Genpi.co.

Baca Juga: 8 Manfaat Teh Jeruk Nipis Yang Disukai Wanita 1. Menurunkan Kolesterol

Serai mengandung sifat antihiperlipidemia dan antihiperkolesterolemia yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, dapat mencegah penumpukan lipid di pembuluh darah, serta memperbaiki aliran darah yang tersumbat di pembuluh darah.

Selain itu, jeruk nipis mengandung hesperidin, suatu flavonoid yang juga sangat efektif menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Mengatasi diabetes

Serai terbukti efektif mengobati diabetes tipe 2 karena sitrat di dalamnya dapat menjaga kadar insulin.

Serai juga bermanfaat dalam meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.

Selain itu, jeruk nipis mengandung serat larut yang mampu mengatur penyerapan gula darah oleh tubuh.

Oleh karena itu, dapat mencegah lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius bagi pasien diabetes. Pengobatan gangguan pernafasan

Lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat membantu dalam mengobati batuk dan pilek.

Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada kedua bahan alami ini juga mampu menghilangkan hidung tersumbat, menghilangkan kelembapan, dan mencegah timbulnya asma akibat polusi udara. Mencegah rematik

Penyebab utama rematik adalah kelebihan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh.

Kandungan asam sitrat pada lemon sangat bagus untuk melarutkan asam urat sehingga nantinya dapat dikeluarkan melalui urin, selain itu juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi nyeri asam urat.

Selain itu, serai juga memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan nyeri akibat rematik.

Sehingga dapat digunakan atau dicampur dengan jeruk nipis dan dijadikan pembalut pada bagian tubuh yang nyeri.5. Mengurangi demam

Seperti buah jeruk pada umumnya, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga sangat baik untuk menurunkan demam dan gejala penyerta seperti sakit kepala.

Sedangkan serai dikenal sebagai obat tradisional penurun demam, disebut juga rumput demam karena sifat antipiretiknya yang dapat mengeluarkan keringat sehingga dapat menurunkan demam dengan cepat.6. Mencegah kanker

Jeruk nipis dapat memblokir radikal bebas sekaligus mengurangi stres oksidatif.

Fitokimia berupa zat antioksidan seperti flavon, flavonoid, triterpenoid dan limonoid juga baik digunakan sebagai agen antikanker.

Jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan beberapa sel kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara, prostat, pankreas, lambung, lambung, ginjal, dan kanker darah.

Selain itu serai juga efektif membunuh sel kanker tanpa mempengaruhi sel sehat dan mencegah tumbuhnya sel kanker seperti kanker payudara dan kanker hati (genpi/jpnn)

Baca artikel lainnya… 6 manfaat pepaya, membantu menyembuhkan penyakit ini pada wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *