Lemhannas Dorong Reaktualisasi Ketahanan Nasional Melalui Geo Crybernetic

saranginews.com JAKARTA – Lembaga Nasional Revolusi Indonesia (Lemhannas) menggelar syukuran dan lokakarya di Jakarta pada Senin (20/5) sebagai puncak rangkaian peringatan HUT Lemhanas RI ke-59.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan dan memperkuat peran Lemhannas RI dalam memenuhi tanggung jawabnya sebagai rujukan dan center of excellence ilmu ketahanan nasional sebagai lembaga pemerintah nonkementerian. berbagai ancaman; Hambatan dan permasalahan serta perkembangan dunia ditinjau dari geopolitik dan geografi.

Baca juga: Sebagai Presiden Riau, Irjen Iqbal Ingin IKAL Lemhanas Bisa Jadi Wadah Pembangunan NKRI.

Tema peringatan tahun ini adalah ‘Kebangkitan Revolusi Nasional’ dengan harapan dapat mengingat jati diri bangsa dengan pertahanan negara yang kuat dan soft power negara yaitu stabilitas dan keteguhan nasional. potensi ancaman; ketegangan Menghadapi hambatan dan tantangan, Indonesia mampu beradaptasi dengan perkembangan geopolitik global.

Sekretaris Jenderal Lemhannas RI Komjen RZ Panca Putra S mengatakan pada Senin (20/5) “Kami berharap dapat mendukung rencana pembangunan nasional untuk mencapai tujuan nasional dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.”

Baca Juga: Rekomendasi Eksternal dalam 17 Hasil Temu Bisnis Nasional PDIP III; Pertanyaan tentang Jokowi dan Lemhanas

Menurut dia, Lemhannas RI sebagai center of excellency sedang membangun body of science perlawanan nasional yang mencakup enam bidang politik.

Yang pertama adalah penyetelan keadaan dasar. Yang kedua adalah geopolitik. Yang ketiga adalah strategi geografis. Yang keempat adalah kesadaran nasional. Kepemimpinan Nasional Kelima dan Sistem Administrasi Nasional Keenam.

Baca: Pendidikan Nasional dan Pemuda Masjid dengan Pendidikan Nasional Lemhanas mendapat pengakuan unik

“Ilmu ini harus disempurnakan dan diperluas melalui kerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan dan perguruan tinggi,” kata mantan Kapolda Sumut ini.

Menurut Panca, berbeda dengan era teknologi informasi saat ini, perang siber bersifat sosiokultural; Hal ini merupakan ancaman besar bagi perdamaian dan stabilitas hubungan antar negara.

Karena itu, Di hari jadi ini, Lemhannas menciptakan istilah baru dalam hubungan antar bangsa, yang disebutnya ‘Geo Cybernetic’; Menyajikan gagasan tentang pengembangan program luar angkasa baru yang disebut dunia maya.

“Dalam bidang ini, informasi berperan penting dalam pengambilan keputusan strategis dan manajemen krisis,” kata Panca.

Untuk itu, Lemhannas RI menjadi clearing house bagi para kader dan pemimpin nasional.

“Demi harkat dan martabat Negara Kesatuan Republik Indonesia, seutuhnya, digabungkan serbaguna serbaguna “Pemimpin berkarakter bangsa yang mampu menghadapi tantangan zaman secara adil, mampu menyelesaikan permasalahan secara komprehensif,” ujarnya. (cuy/jpnn)

Baca artikel lainnya… Komentar Pidato Ibu Mega Mantan Gubernur Lemhanas Soal Nepotisme Kejam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *