Kemnaker Libatkan 3 Lembaga Internasional untuk Kembangkan SDM Ketenagakerjaan

saranginews.com, Jakarta – Kementerian Sumber Daya Manusia (Kemnaker) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas pemerintah pusat dan daerah melalui mekanisme kerja sama internasional.

Kegiatan ini melibatkan tiga lembaga internasional dalam pengembangan sumber daya manusia lapangan kerja di Indonesia.

Baca Juga: Kementerian HRD berkomitmen meningkatkan kekuatan tenaga kerja melalui pelatihan vokasi

Sedangkan tiga lembaga internasional adalah Japan International Cooperation Agency (JICA), Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan International Labour Organization (ILO).

“Kami berharap dengan aksi ini kita dapat memperkuat hubungan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan organisasi internasional seperti JICA, KOICA dan ILO. Memperkuat peningkatan kapasitas dan memperbaiki sistem ketenagakerjaan di Indonesia.” Tenaga Kerja, Ida Fauzia, di Jakarta, Senin (13/5/2024).

Baca Juga: Sekjen Kementerian ESDM Anwar Sanusi Berharap Lebih Banyak Peserta SSW yang Bekerja di Jepang

Ia mengatakan acara tersebut akan mengkaji kebutuhan pemerintah pusat dan daerah serta peluang kerja sama antar organisasi internasional melalui program peningkatan kapasitas.

Mengingat tantangan ketenagakerjaan yang berbeda-beda di setiap daerah, maka kebutuhan sumber daya manusia angkatan kerja akan berbeda-beda komposisi, kuantitas, dan kualitasnya.

Baca Juga: KKN Tingkat Barat 1 Resmi Selesai dan Ini Harapan Sekjen Kementerian Sumber Daya Manusia

Menurut saya, pertemuan ini mempunyai dampak penting bagi pengembangan lapangan kerja di Indonesia dan menjadi dorongan penting untuk tercapainya kerja sama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan organisasi internasional dengan Kementerian Sumber Daya Manusia sebagai lead sector. pemimpin untuk pengembangan pekerjaan”, – katanya.

Menurut Anwar Sanusi, Sekretaris Jenderal Kementerian Sumber Daya Manusia, kegiatan bersama pelatihan sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga pemerintah pusat dan daerah serta mengembangkan kerja sama antar kementerian. “Organisasi Kerja Sama Ketenagakerjaan ASN” Pemerintah Daerah merupakan wadah diskusi penyesuaian pelatihan dengan kebutuhan instansi pemerintah, mengingat setiap organisasi mempunyai tugas, fungsi dan kebutuhannya masing-masing” (saranginews.com).

Baca selengkapnya… Kementerian Sumber Daya Manusia Sebut Kondisi Pembayaran THR Tahun Ini Sudah Lebih Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *