Film Ki Hadjar Dewantara Resmi Diproduksi

saranginews.com, JAKARTA – Pencipta rumah produksi bioskop Vahana mengumumkan rencana membuat film berjudul Ki Hudjar Dewantara.

Sosok Ki Hazar Dewantara merupakan pahlawan nasional yang banyak berjasa bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Darius Sinatrya Bicara Tentang Film Possession: Tantangan Bermain Possession

Bahkan, pemerintah menetapkan tanggal lahir Ki Hajar Devantara sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardikanas).

Ki Hajar Diwantara rencananya bertepatan dengan perayaan Hari Pendidikan Nasional tahun 2026 dan ditayangkan sebagai penghormatan terhadap warisan konsep dan gagasan untuk memajukan pendidikan.

Baca Juga: Menjadi Pemeran Utama Film Temurun, Brian Domani Akui Bosan dengan Karakternya

Film karya Ki Hazar Dewantara juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemandikbudristek) dalam tahap penelitian dan pengembangan ceritanya.

Keluarga Bapak Pendidikan Nasional turut menjadi tamu dalam upacara dan puncak perayaan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 di Indonesia Arena.

Baca Juga: Keanu Angelo Beberkan Alasan Ikut Tuhan Ijinkan Saya Melihat

Di awal perayaan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 di Indonesia Arena, diumumkan pula bahwa film tersebut menceritakan kisah hidup, gagasan, dan cita-cita Ki Hajar Dewantara.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid mengumumkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung penuh inisiatif produksi film berjudul Ki Hajar Devantara oleh Rumah Produksi Sinema Kreator Wah.

Hilmar menambahkan, berbagai kebijakan pendidikan mandiri yang diusung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kini telah menjadi gerakan di seluruh Indonesia yang berakar pada semangat dan cita-cita Ki Hazar Dewantara.

“Sebagai generasi penerus bangsa, semangat Ki Hazar Devantara dalam dunia pendidikan harus kita jaga dan tanamkan pada setiap generasi, salah satu caranya melalui film sebagai sarana perbaikan kebudayaan,” kata Hillmer, Senin (6 / 5).

Menurut Hilmar, film Ki Hajar Divantara diharapkan dapat menjadi refleksi dan ruang diskusi terbuka mengenai pendidikan.

“Ini juga dapat menjadi cara yang baik bagi seluruh pelajar dan masyarakat Indonesia untuk belajar tentang kemandirian, untuk mendorong rasa kebebasan berbudaya,” lanjutnya.

Senada dengan hal tersebut, Direktur Film, Musik dan Media Direktorat Kebudayaan, Ahmad Mahendra mengatakan, Film Ki Hajar Devantara dapat menjadi contoh film yang baik sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat dengan cara yang menyenangkan dan menyenangkan. jalan

Oleh karena itu, ia berharap semakin banyak lagi karya film nasional yang lahir dan dapat menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan senantiasa berupaya mendukung berbagai inisiatif, ide, dan karya yang muncul dari setiap seniman Indonesia, termasuk film. Dan ini merupakan upaya yang baik untuk memperkuat ekosistem perfilman Indonesia,” kata Mahendra.

Maudi Ayunda selaku produser film Ki Hazar Devantara juga berharap film biopik ini dapat menambah dimensi penting dalam dunia pendidikan dan perfilman Indonesia, yaitu seni dan karakter.

“Kedua isu ini sangat penting bagi saya dan tentunya saya berharap dapat menginspirasi seluruh pelajar Indonesia,” kata Maudi Ayunda.

Sementara itu, cicit Ki Hajar Dewantara, Ki Bayu Prabangkara mengungkapkan, keluarga besarnya sangat menyambut baik rencana akting di film Ki Hajar Dewantara.

Ia mengatakan, film Ki Hadjar Dewantara mempunyai tujuan dan pesan moral penting untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai semangat Ki Hadjar Dewantara.

“Dari pertemuan awal dengan pencipta Vahana dia menyambut baik rencana pembuatan film ini. “Kami berharap berkah yang kami berikan dapat mempercepat proses produksi film dan memajukan pesan-pesan penting Ki Hazar Dewantara yang diajarkan di Indonesia,” ujar Ki Bayu Prabangkara selaku ketua Yayasan Keluarga Ki Hazar Dewantara.

Kini, proses pengerjaan film Ki Hajar Devantara memasuki masa penelitian, pengembangan cerita, dan penulisan naskah.

Disutradarai dan ditulis oleh Gina S. Noir, film ini rencananya akan syuting pada tahun 2025 dan diperkirakan akan dirilis pada tahun 2026 bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional. (tanggal/tanggal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *